Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
ideal-palace

Rooang.com | Perancis dikenal sebagai negara dengan istana-istana nan megah. Istana itu sendiri selama ini identik dengan lingkungan kerajaan dan hanya dihuni oleh orang-orang yang berwenang. Tapi tahukah Anda, di negara cantik ini juga ada istana yang dibangun oleh seorang tukang pos?

Istana tersebut dinamakan Ideal Palace. Pendirinya adalah Joseph Ferdinand Cheval, seorang tukang pos miskin dari kota kecil Hauterives. Setiap hari, tukang pos ini berjalan kaki menyusuri jarak 18 km, mengitari Desa Tersannes. Suatu ketika di tahun 1879, ketika ia tengah berjalan, ia tersandung sebuah batu besar. Menurutnya batu itu sangatlah unik. Saat itu pula tercetuslah ide untuk mendirikan bangunan dari batu berjenis pebble tersebut.

Sejak saat itu, setiap hari, sambil mengantarkan surat, ia menggunakan kereta sorong untuk mengangkut batu-batu yang ia temukan sepanjang perjalanan 18 km selama puluhan tahun. Tanpa pengetahuan soal arsitektur dan pertukangan, Ferdinand mendirikan bangunan ini selama 33 tahun dan baru selesai pada tahun 1912.

proses pembangunan Ideal Palace (image credit)
Ideal Palace setelah selesai dibangun (image credit)
Ferdinand Cheval di depan Ideal Palace (image credit)

Jika dilihat lebih lanjut, sebenarnya istana yang terletak di halaman rumah Ferdinand ini lebih menyerupai karya seni ketimbang karya arsitektur. Di dalamnya akan kita temukan ilustrasi hewan mitos dan relief berbentuk manusia, di samping sculpture yang terlihat di semua sisi. Di beberapa bagian, nampak pelat bertuliskan dalam Bahasa Perancis yang menjelaskan tentang berdirinya bangunan tersebut. Semua inspirasi ini hanya diperolehnya dari kartu pos dan majalah.

Saking uniknya, Menteri Kebudayaan Perancis tahun 1969 menobatkan ideal palace sebagai salah satu naïve art dan merupakan monumen bersejarah.

Anda juga memiliki foto-foto bangunan unik di daerah Anda? Bagikan foto-fotonya dengan kami via Rooangku, ya.

Sumber:
 www.facteurcheval.com
 www.boredpanda.com

image credit

image credit

image credit

image credit

image credit

image credit