Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Garasi-Rumah

Rooang.com | Anda tentu sudah familiar dengan nama Steve Jobs, Walt Disney, dan Jeff Bezos, kan? Kalau menyebut nama Apple, Walt Disney, dan Amazon.com?

Nah, Anda tahu tidak, apa yang jadi kesamaan mereka? Mereka sama-sama memulai kerajaan bisnisnya dari garasi rumah.

Garasi? Iya. Bagian rumah yang kerap hanya dijadikan sebagai tempat parkir untuk kendaraan pribadi itu. Padahal jika mimiliki insting bisnis yang jeli, garasi rumah bisa Anda ‘sulap’ lho jadi lahan peraup uang. Bisnis online shop, jasa pengiriman barang, distro, makanan ringan, laundry, kafe, katering, EO, penerbitan, salon motor, bimbel, jasa penitipan anak, furnitur, pet shop, dan banyak lagi.

Tentu saja, memulai bisnis dari garasi, ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut beberapa tipnya.

1. Bisnis Apa yang Mau Anda Jalankan?

Ini hal yang vital. Apa sih bisnis yang ingin Anda buka di garasi? Apakah kafe, jasa penitipan anak, bimbel, katering, jasa pengiriman barang, atau apa? Sebab, hal ini akan berpengaruh pada bagaimana Anda harus menata garasi. Jika bisnis Anda tidak mengharuskan orang keluar masuk ke garasi, semisal bisnis online, Anda mungkin tidak perlu ribet dengan urusan make over garasi. Tapi, jika terkait jasa penitipan anak atau bimbel, misalnya, pemilihan furnitur, warna, dan dekorasi tentu perlu Anda pikirkan matang-matang. Ini agar anak-anak nyaman dan betah bermain dan belajar.

Posisi garasi yang menghadap langsung ke pintu utama bagian depan rumah, menjadikannya cocok sebagai ruang pamer (show room). Maka, bisnis furnitur atau kerajinan tangan, juga cake dan bakery cocok dijalankan di garasi.