Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
dapur-cor-beton

Rooang.com | Kitchen set adalah komponen mutlak dalam rumah. Dengan kitchen set, pekerjaan memasak dan menyimpan perkakas serta bahan masakan jadi lebih teratur. Ada banyak sekali pilihan kitchen set untuk dipilih, salah satunya adalah meja dapur cor beton. Kekuatannya lebih tinggi daripada kicthen set dari kayu atau papan, karena tidak mudah retak atau lapuk. Kitchen set seperti ini biasanya dibuat jadi satu bersamaan dengan dibangunnya rumah. Tapi, bagi Anda yang baru hendak membangun meja dapur dari cor beton, perhatikan dulu poin-poin berikut ini.

Ketinggian

Tinggi standard untuk meja dapur adalah 80 cm. Tetapi, sebaiknya diskusikan hal ini dengan istri Anda, karena dialah yang paling sering berada di dapur. Selain itu, ingat juga bahwa ketinggian untuk bagian kompor dan bagian lainnya berbeda. Umumnya, kompor diletakkan lebih rendah sekitar 10 cm, sehingga proses memasak bisa lebih nyaman.

Penataan lokasi

Jika di dapur terdapat jendela, penting bagi Anda untuk memilih bagian mana yang akan bersebelahan dengan jendela. Apakah, wastafel atau meja kosong. Menurut fengshui, kompor tidak baik diletakkan dekat jendela karena akan membawa pengaruh buruk. Selain itu, jendela di sebelah kompor bisa mudah rusak jika istri memiliki kebiasaan masak di malam hari.

image credit

Saluran air

Dalam membuat kitchen set ini, Anda harus memperhatikan ke mana air buangan dari wastafel dan sumber air akan disalurkan. Tentunya kemudian diperlukan pembobokan dan bahkan pembongkaran kecil di dinding yang telah ditanami pipa pembuangan, serta penanaman pipa air bersih. Pengeleman pipa harus sempurna agar tidak terjadi kebocoran yang merusak dinding rumah.

Pemilihan besi behel

Besi behel yang digunakan sebaiknya yang berdiameter 8 mm dan disusun agak rapat. Dengan demikian, maka akan kuat menopang beton cor.

Persiapan finishing

Meja dapur dari cor beton bisa dilapisi dengan beragam finishing. Bisa dibuat sederhana dengan melapisi acian dan memolesnya sampai mengkilap. Bisa juga dilapisi dengan keramik. Meja dapur beton tanpa keramik akan mudah pecah dan jika sudah pecah, acian harus dibongkar lalu diaci lagi seluruhnya.

Jika dipasangi keramik, maka harus disiapkan keramik berkualitas yang tahan panas agar tidak mudah retak. Pilih keramik yang halus agar mudah dibersihkan. Untuk tampilan lebih elegan, bisa dilapisi dengan granit atau marmer, tapi harganya jauh lebih mahal.

Sumber:
 www.bangunrumah.com