Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Mosque_of_Schwetzingen_Castle

Rooang.com | Konsep  green tidak hanya diterapkan pada hunian dan gedung-gedung perkantoran. Rupanya rumah ibadah pun terpapar oleh konsep hijau ini. Masjid, salah satunya.

Tentu saja ini hal yang patut disambut baik. Bukan semata karena latah alias mengikuti tren. Tapi, sebagai bentuk kesadaran internal. Bahwa bumi kian menua. Lingkungan perlu dijaga oleh siapa pun dan di lingkup mana pun. Terlebih agama-agama mengajarkan kebaikan, tidak hanya pada sesama tapi juga pada semesta.

Berikut 5 item yang perlu dipunyai oleh masjid berkonsep hijau.

image credit

1. Taman

Konsep hijau takkan lengkap tanpa tanaman. Masjid yang menerapkan konsep ini, sekurang-kurangnya harus memiliki sepetak taman bunga atau sayuran. Lahan outdoor yang tak terpakai bisa dipagari dan dijadikan kebun. Sementara itu pot-pot tanaman yang kecil, keranjang gantung, atau kontainer yang besar bisa dipakai untuk menanam tanaman obat dan tanaman bumbu.

2. Panel surya

Biaya pemasangan panel surya memang mahal. Namun, sekali dipasang di atas atap atau dibikin tampil chic sebagai ‘pohon surya’, maka biaya listrik bisa dihemat hingga 50 persen.

image credit

3. Energi terbarukan

Cahaya alami bisa mengurangi ketergantungan pada listrik. Suatu hal yang masuk akal juga menggunakan lebih banyak kaca untuk menghemat biaya material bangunan. Dengan membuat efek ‘rumah kaca’ seperti ini, masjid memiliki sistem pendinginan dan pemanasan terbaik, cahaya yang berlimpah dengan atmosfer yang luas dan terbuka, serta atap yang ramah lingkungan.

(Baca juga: Ini Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Dunia)

4. Pengelolaan air

Islam mengajarkan untuk tidak memakai sesuatu secara berlebihan, apalagi sampai mubazir. Salah satunya tercermin dari pemakaian air wudu. Masjid yang ramah lingkungan akan menggunakan bekas air wudu untuk mengairi tanaman.

Ide lain adalah dengan memasang alat sensor gerakan pada kran. Sehingga, penggunaan air bisa dikontrol.

5. Arsitektur yang lebih hijau

Kubah masjid tampaknya didesain untuk keindahan semata. Padahal tidak demikian, Sobat Rooang. Bentuk kubah rupanya memiliki fungsi yang ramah lingkungan. Saat kubah terpapar sinar matahari, ini akan membuat udara di dalam masjid akan bergerak mengalir. Sistem pendinginan alamiah pun terbentuk.

(Baca juga: Kilau Warna-Warni Masjid Nasir Al-Mulk di Iran, Menakjubkan!)

Demikian 5 hal yang harus dimiliki oleh masjid yang ingin menerapkan konsep hijau. Apakah Sobat Rooang punya saran lain?

 

Sumber:

theecomuslim.com