Reading Time: 1
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Correa

Rooang.com | Arsitek India terkemuka, Charles Correa, meninggal pada hari Selasa, 16 Juni 2015, di Mumbai karena sakit. Arsitek kelahiran 1 September 1930 itu kerap disebut-sebut sebagai arsitek kontemporer terbaik India. Ini tak lain karena bangunan-bangunan eye-catching yang ia desain telah ikut mendefinisikan arsitektur pascakemerdekaan negara tersebut.

Correa dikenal karena karya desainnya yang mencakup banyak aspek, mulai dari monumen sipil dan budaya hingga pembangunan rumah-rumah yang sederhana. Pengaruh dan gayanya telah menjangkau benua lain.

Dua di antara karyanya yang terakhir, adalah Toronto’s Ismaili Centre dan The Brain Science Centre di Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang merupakan almamaternya.

image credit

image credit

Di negaranya sendiri, Correa telah mendesain sejumlah bangunan tetenger, meliputi: Gandhi Memorial di Gujarat, Bharat Bhavan dan Vidhan Bhavan di Bhopal, dan Kala Academy di Goa.

Ia juga sering mengkritisi cara pemerintah menata kota. Dalam salah satu acara penghargaan, ia mengungkapkan, “Alih-alih membangun, kapitalisme justru memaksa dan menghancurkan sebuah kota.”

Berikut beberapa karyanya yang Rooang sajikan dalam bentuk video slideshow.

 

Sumber:

bbc.com