Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
led-light

Rooang.com | Global Warming sudah menjadi isu penting di seluruh dunia. Selain pemanasan global, krisis energi juga turut menjadi masalah yang harus menjadi perhatian kita semua. Ditambah lagi dengan ketergantungan kita terhadap listrik untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Maka, hemat energi menjadi hal yang harus kita biasakan mulai kini. Hemat energi bisa dimulai dari rumah kita, dari hal yang paling sederhana, salah satunya penggunaan lampu.

Pada era sebelumnya kita seringkali menggunakan lampu traditional incandescent dan lampu halogen incandescent yang sering disebut lampu bohlam juga lampu CFL (compact fluorescent lamps) atau yang kita kenal dengan lampu neon atau lampu neon lilin. Jenis-jenis lampu ini kita gunakan hampir di semua tempat beraktivitas, termasuk di rumah. Lampu jenis ini menghasilkan cahaya yang cukup terang, namun terkadang meningkatkan suhu ruangan dan tidak cukup hemat energi. Padahal lampu CFL hanya dapat menghemat konsumsi energi sebesar 30%.

01 Jenis lampu dan perbandingan penggunaan energiimage credit

Akan tetapi, kini marak digunakan lampu LED (Light Emitting Diode).  Keunggulan lampu LED dibandingkan jenis lampu lainnya adalah :

  1. Lebih hemat energi. Lampu LED dapat menghemat konsumsi energi listrik hingga 85%.
  2. Lebih tahan lama. Lampu LED dapat bertahan hingga 15 – 20 tahun pemakaian.
  3. Karena lebih hemat energi dan lebih tahan lama, lampu LED lebih ramah lingkungan.
  4. Lampu LED menghasilkan cahaya terang bernuansa putih cerah alami yang nyaman untuk mata kita.
  5. Cahaya lampu LED tidak meningkatkan suhu ruangan seperti lampu tradisional lainnya.

Meski harga lampu LED kini relatif lebih mahal dibanding jenis lampu tradisional lainnya, namun dengan keunggulan lampu LED yang tahan lama, maka penggunaan lampu ini dapat menghemat biaya penggantian lampu jangka panjang. Keunggulan-keunggulan lampu LED ini menjadikan lampu LED sangat tepat kita gunakan pada tempat kita beraktivitas. Salah satunya adalah di rumah.

 

Kontributor: Rizki Ramadhani Ferina, Alumnus Teknik Lingkungan ITS Surabaya