Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
316189e0862bdc792e14da9789eba7a9

Rooang.com | Tirai atau gorden ternyata memiliki fungsi dekoratif yang lebih luas daripada hanya sekadar mengontrol cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan. Tirai dapat jadi satu dekorasi kunci yang juga bisa melengkapi ruangan Anda, menyampaikan suasana hati atau kesan tertentu, dan memiliki manfaat lain terhadap ruangan.

Baiknya, simak apa yang dapat sebuah tirai lakukan untuk mendekorasi rumah Anda berikut ini.

image credit

Cara cepat dan mudah memberikan focal point pada ruangan

Menggunakan tirai atau gorden di belakang tempat tidur atau headboard pada tempat tidur Anda (baik untuk menutupi jendela, atau untuk alasan dekoratif murni) adalah cara cepat dan mudah untuk menarik lebih banyak perhatian ke sudut-sudut tertentu, sebagai visual statement.

Karenanya pilih tirai dengan warna-warna yang lembut, bertekstur, dan/atau bermotif untuk membuat efek yang nyata.

image credit

Cara baru dalam memberikan efek luas dan besar pada ruangan

Mengaplikasikan tirai dengan ukuran yang lebih besar dibanding ukuran jendela yang sesungguhnya, membuat Anda berpikir jendelanya membesar dan langit-langitnya terlihat lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Jika Anda memiliki jendela di sisi yang lain, coba untuk mengaplikasikan tirai dengan ukuran normal. Pasti Anda akan melihat perbedaannya sekarang.

image credit

Cara elegan untuk menyembunyikan dan menutupi sesuatu

Jika Anda memiliki rak atau lemari penyimpanan terbuka, pasti membutuhkan perjuangan untuk menjaganya agar senantiasa rapi dan terorganisir. Tirai dapat dengan cepat, mudah, dan tentu saja elegan, untuk dapat menutupi rak penyimpanan terbuka yang tampak berantakan atau di luar kendali.

Dengan tirai, Anda dapat dengan leluasa membuka dan menutupnya sesuai dengan keperluan. Jika ada tamu yang berkunjung, Anda tak perlu khawatir lagi jika tidak sempat merapikan sesuatu yang masih berantakan.

image credit

Cara jitu membuat dinding dan pintu tampil menarik di ruangan mungil

Jika Anda memiliki ruang yang tidak cukup besar, cobalah mengganti pintu Anda dengan sebuah tirai. Tirai tidak akan mengambil ruang (walaupun sedikit) ketika dibuka, dan tidak mengganggu aliran fisik dan visual.

Plus, ketika ditutup, keberadaan tirai akan menambahkan warna dan/atau tekstur pada ruangan. Hanya saja catatannya, tirai tidak bisa memberikan privasi yang cukup antar ruangan. Jadi Anda dapat mengaplikasikannya pada ruangan-ruangan yang dapat diakses oleh semua orang saja, seperti dapur, ruang keluarga, serta ruang makan.

image credit

Memberi aksen dekoratif yang berbeda pada dinding

Aturan dekorasi klasik adalah yang mengatakan bahwa warna tirai harus sama dengan warna cat Anda. Akan tetapi, Anda bisa menambahkan sesuatu yang ‘berbeda’ agar tirai Anda dapat menjadi satu titik fokus yang dapat menarik perhatian.

Misalnya, cobalah warna-warna yang berbeda pada tirai, seperti kombinasi warna tua dan muda, gradasi warna, dan atau warna yang lebih tua atau muda dari warna dinding Anda. Selain itu, Anda juga dapat memberikan aplikasi warna monokrom yang kalem agar skema warnanya tidak terlalu berlebihan.

(Baca juga : Manfaatkan Tirai dengan 7 Cara Kreatif Ini)

Sumber :

www.apartmenttherapy.com