Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
c51244d6384f45c0bdf4fb26a45e9732

Rooang.com | Dengan pertumbuhan penduduk yang bertambah secara signifikan dari tahun ke tahun, secara otomatis keadaan ini juga berdampak pada kebutuhan akan lahan untuk tempat tinggal. Maka tidak heran jika dari tahun ke tahun, harga lahan dipatok semakin tinggi. Akibatnya, bagi sebagian keluarga kecil lebih memilih untuk tinggal di rumah yang mungil.

Konsekuensi dari rumah yang mungil, tentu saja, adalah terbatasnya ruang atau dengan kata lain, sempit. Hal ini, mau tidak mau, menuntut kejelian penghuni rumah dalam menata interior dan menyusun furnitur supaya ruangan tidak terasa makin sesak.

Dibutuhkan kreatifitas dan teknik yang bagus dalam memilih furnitur untuk pendukung interior rumah. Furnitur yang memiliki ukuran mungil dan praktis, umumnya jadi andalan utama. Inspirasi dalam perancangan interior rumah dengan rencana lesehan mungkin saja salah satu jalan keluar untuk pengaturan ruang yang mungil.

Tak hanya dapat menghemat space saja, ruangan lesehan juga dapat membuat suasana menjadi lebih nyaman, akrab, dan hangat. Sebenarnya, gaya lesehan ini telah lama ada di Indonesia karena gaya ini adalah budaya tradisional beberapa suku asli Indonesia, seperti Jawa, Sunda, Sumatra, Kalimantan, dan lain sebangainya.

Selain di Indonesia, ternyata konsep interior dengan gaya lesehan ini juga dianut oleh masyarakat di Jepang. Ruang-ruang pada rumah tradisional Jepang umumnya jarang memakai banyak furnitur di dalam rumah. Di sana, sebuah ruang keluarga biasanya hanya berisi satu meja pendek dan alas duduk berupa tikar.

Konsep lesehan yang sama juga bisa kita jumpai pada rumah minimalis di masyarakat Timur Tengah. Interior Timur Tengah juga tidak memerlukan banyak furnitur. Sebagai alas duduk, masyarakat Timur Tengah lebih menyukai permadani atau karpet yang didukung dengan alas bantal.

Jadi, dimana saja Anda dapat menerapkan gaya lesehan pada ruangan yang mungil di rumah? Setidaknya, Anda dapat menerapkan gaya lesehan ini pada ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan juga ruang tidur anak.

Ruang tamu

Gaya lesehan terkesan tidak modern? Eits, jangan risau dulu. Untuk menambahkan kesan mewah dan elegan pada ruang tamu lesehan Anda, sediakan karpet nyaman dengan dekorasi bantal bercorak dan tambahan meja pendek yang unik.

Tentu saja, Anda juga perlu untuk mempertimbangkan motif dan corak agar sesuai dengan gaya interior rumah Anda. Selain itu, penataan furnitur juga harap diperhatikan agar ruangan yang mungil dapat terasa lapang dan longgar.

image credit

Ruang keluarga

Ruang keluarga merupakan ruang yang amat penting keberadaannya. Maka, usahakan untuk memberikan kenyamanan ekstra pada ruang yang satu ini.

Gaya lesehan pada ruang keluarga mungkin sudah banyak yang menerapkannya, selain karena dengan lesehan ini seluruh anggota keluarga jadi lebih bisa bebas berekspresi, dengan duduk di atas alas yang sama akan semakin menambah suasana hangat di dalam rumah.

Agar lebih variatif, Anda dapat menggunakan furnitur khusus untuk gaya lesehan. Di ruangan ini Anda bisa meletakan sofa bed tanpa kaki atau sofa empuk tanpa kaki dengan sandaran disertai interior yang memang disesuaikan khusus.

image credit

image credit

Ruang makan

Tahukah Anda, jika makan di bawah alias dengan lesehan lebih bagus bagi pencernaan tubuh kita. Nah, maka akan sangat tepat jika Anda menerapkan gaya lesehan ini pada ruang makan Anda. Secara garis besar, konsep yang diperlukan tidak jauh berbeda dengan gaya lesehan pada ruang tamu dan keluarga. Hanya saja, dibutuhkan pemilihan jenis material khusus yang mudah dibersihkan, seperti meja kayu atau kaca.

image credit

Kamar tidur anak

Gaya lesehan juga cocok diaplikasikan pada kamar anak, karena lebih aman bagi anak. Terlebih anak Anda pasti senang bermain di lantai hingga berantakan. Sehingga untuk furnitur di kamar anak, Anda mungkin hanya membutuhkan kasur dengan alas karpet empuk dan satu buah lemari. Dengan begini, bakal mempermudah Anda untuk membereskan kamar anak-anak.

image credit