Reading Time: 1
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
ground-cover-putri-malu

Rooang.com | Biasanya kita menanam rumput golf atau rumput gajah mini sebagai ground cover di halaman. Cara lain yang lazim adalah dengan menanam bawang brojol, kacang-kacangan, dan sutra bombay. Tapi, ada satu lagi jenis tumbuhan rumput cantik yang jarang sekali dijadikan ground cover. Dialah putri malu, si rumput yang kalau dipegang bisa layu sementara.

Putri malu adalah tanaman berduri di sepanjang batang dan cabangnya. Inilah yang membuatnya tidak digunakan sebagai rumput halaman. Karenanya, putri malu hanya dijadikan ground cover samping yang berhimpitan dengan pagar atau dinding rumah.

Agar bisa tumbuh dengan baik, tanaman putri malu harus mendapatkan banyak sinar matahari. Siram secara rutin di pagi atau sore hari, karena akarnya harus selalu lembab. Pertumbuhannya cukup cepat, terutama di iklim tropis seperti Indonesia. Jadi perlu rajin dipangkas.

Selain cantik dengan bunganya yang berwarna merah jambu, putri malu merupakan tanaman yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kedehatan. Putri malu berkhasiat untuk mengatasi insomnia, radang saluran nafas, demam, herpes, dan rheumatik. Putri malu juga mampu menyembuhkan luka bernanah dan infeksi. Sangat serbaguna, bukan?