Reading Time: 1
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
cara-membersihkan-panel-surya1

Rooang.com | Seiring dengan semakin santernya isu lingkungan, masyarakat mulai membuka mata pada sumber energi yang lebih eco-friendly. Salah satunya adalah dengan memilih panel surya sebagai sumber pembangkit listrik di hunian mereka. Seperti layaknya peralatan lain, panel surya juga perlu dibersihkan secara rutin agar tetap bersih dan terjaga performanya. Sudah tahukah Anda bagaimana membersihkan panel surya dengan benar?

  • Konsultasikan dulu

Sejak awal Anda akan memasang panel surya, tanyakan pada pihak pemasangnya bagaimana cara membersihkan panel surya tersebut. Beda merek, beda komponen, maka beda juga cara perawatannya. Jangan sampai Anda merusak panel surya seharga puluhan juta karena salah cara membersihkannya.

  • Pilih waktunya

Waktu paling tepat untuk membersihkan panel surya adalah pagi atau petang hari. Gunakan senter kepala sebagai penerangan. Tidak disarankan pada siang hari karena selain sangat panas juga akan menghambat produktivitas panel surya tersebut.

  • Perhatikan keselamatan

Jika atap Anda berbentuk pelana, selalu perhatikan aspek keselamatan. Gunakan tangga yang tepat dan aman untuk menopang tubuh. Pilih pijakan yang pas untuk membersihkan panel surya.

  • Gunakan air sabun

Gunakan selang dan air sabun untuk membersihkan kaca panel, terutama jika kotoran sudah banyak menumpuk. Sebelum memasang, pastikan Anda sudah menebang cabang pohon yang akan menghalangi panel dan menambah banyak sampah daun.