Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
cara-menanam-dolar-rambat

Rooang.com | Salah satu cara untuk memperindah tampilan eksterior rumah adalah dengan menanam dolar rambat alias creeping fig (ficus pumila). Tanaman ini memiliki warna hijau tua dan bisa tumbuh sangat tinggi mengikuti ketinggian dinding bangunan. Memanfaatkannya sebagai wall covering akan membuat dinding eksterior rumah terlihat segar. Anda berminat memilikinya? Simak tips cara menanam dolar berikut ini.

Siapkan dinding untuk dolar rambat

Tanaman dolar yang tumbuh merambat di dinding akan menancapkan dirinya ke permukaan dan menimbulkan kelembaban. Karenanya, dinding yang cocok adalah dinding plasteran yang tidak dilapisi ubin, sehingga dolar rambat bisa merekat kuat.

Pilih waktu yang tepat untuk menanam dolar rambat

Tanam dolar rambat sesaat sebelum musim hujan mulai, sehingga kelembaban tanah akan sangat terjaga. Dolar rambat yang baru tumbuh membutuhkan kelembaban tanah yang tinggi. Di Indonesia, dengan perubahan iklim yang ada, sebaiknya Anda mulai menanam dolar rambat pada bulan November atau Desember.

Siapkan tanah yang akan ditanami dolar rambat

Taburkan kompos setebal 2 inchi pada tanah di dekat dinding, ditambah dengan pupuk organik. Aduk tanah tersebut agar kompos dan tanah biasa bercampur rata. Ambil jarak sekitar 30 cm dari dinding, lalu buat garis di sepanjang dinding tersebut. Pada jarak itulah pohon dolar rambat nantinya akan ditanam.

Tanam dolar rambat

Buat lubang di tanah untuk ditanami pohon dolar rambat dengan jarak tanam 60 cm, tepat di sepanjang garis yang tadi dibuat. Buat kedalaman sesuai dengan kedalaman tanaman dolar rambat saat masih berada dalam pot atau poly bag. Kemudian masukkan dolar rambat dan timbun sisa lubang dengan tanah. Sirami secara merata ke semua tanaman.

Perlindungan dolar rambat

Lindungi tanaman dolar rambat Anda dari gulma dan rumput liar dengan cara menumpuk sekam setebal 2 inchi. Bisa juga dengan menebarkan plastik poly bag seperti untuk menanam cabai, tapi ini membuat tampilan halaman kurang indah dan asri.

Perawatan selama awal pertumbuhan dolar rambat

Berikan pupuk organik setiap bulan. Singkirkan lapisan sekam untuk sementara, baru kemudian taburi dengan pupuk. Garuk-garuk tanah agar pupuk masuk ke dalam tanah. Baru kemudian taruh lagi sekamnya.

Agar tumbuh dengan lebat dan indah, pangkas pucuk dolar rambat secara berkala, setiap sebulan sekali. Hal harus dilakukan, terutama setelah tanaman dolar rambat mulai menjalar ke tembok rumah Anda.

Pemangkasan juga bertujuan untuk membuatnya lebih rapi, agar tidak sampai masuk ke pintu, jendela, dan lubang angin. Pangkas juga cabang yang yang mulai muncul tidak rata. Cegah juga agar jangan ada yang merambat ke atap.

Peringatan dalam menanam dolar rambat

Hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa dolar rambat yang telah ditarik/dilepas dari dinding tidak akan bisa dilepas lagi. Anda harus menanamnya dari awal. Selain itu, akar dolar rambat bisa merusak pondasi bangunan rumah. Sulur yang sampai ke atap dan dibiarkan bisa merusak dan membuat genteng rumah Anda pecah.