Reading Time: 1
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
cara-membuat-tanaman-berbentuk-binatang

Rooang.com | Kalau sedang berkunjung ke taman, kita sering tertarik saat melihat tanaman yang dibentuk menjadi aneka binatang. Mulai dari bentuk kuda, kelinci, gajah, dan berbagai binatang lainnya. Alangkah indahnya jika kita bisa memilikinya di rumah. Bagi Anda yang memiliki anak kecil atau balita di rumah, hiasan taman seperti ini bisa menambah keceriaan mereka.

Penasaran bagaimana cara membuatnya?

Pilih tanaman rambat

Agar bisa dibentuk dengan mudah, maka jenis tanaman yang tepat adalah tanaman rambat. Tanaman rambat akan berbentuk sesuai arah sulurnya. Jenis tanaman rambat yang bisa digunakan misalnya pasiflora, thunbergia, dan ivy.

Pilih kawat topiary

Kawat topiary banyak tersedia di penjual perkakas taman. Kawat ini lah yang akan membantu Anda memiliki bentuk binatang yang lucu-lucu. Bisa dibilang bahwa kawat topiary ini merupakan kunci utamanya.

Pilih kawat topiary yang awet, yang tidak mudah bengkok. Sehingga nantinya bentuk binatang tetap bagus. Kawat topiary ini ditancapkan ke dalam tanah. Pastikan tanahnya tidak gembur, sehingga kawat tidak mudah miring ke samping.

Cara menanam

Tanam tumbuhan rambat pilihan Anda di sekitar kawat topiary. Nantinya, tanaman ini akan tumbuh merambat pada kawat tersebut dan menyesuaikan bentuk yang diinginkan.

Tambahkan bibit lumut

Setelah tanaman mulai tumbuh melapisi kawat topiary, bubuhkan bibit pangkal rumput di seluruh permukaan kawat. Lumut ini akan membantu agar tampilan terlihat padat dan lebih hijau, sehingga tidak ada lubang kawat yang tampak.

Arahkan dan pangkas

Saat tanaman sudah mulai tinggi, arahkan tanaman rambat agar cabang-cabangnya mengikuti arah kawat. Setelah semua permukaan kawat tertutupi, pangkas dan rapikan cabang-cabang yang ‘keluar jalur’.

Perawatan

Agar selalu tampak hijau dan segar, tanaman ini perlu disiram dan dipupuk secara rutin. Jangan sampai kekeringan atau ada daunnya yang terlihat menguning.