Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
rug-area

Rooang.com | Salah satu cara untuk memperindah tampilan rumah adalah dengan menggelar permadani. Anda bisa menggelarnya di ruang tamu, ruang tengah, area makan, kamar tidur, juga ruang santai. Nah, sebelum membeli permadani, ada baiknya Anda perhatikan beberapa hal di bawah ini.

  • Ukuran

    Jangan membeli permadani yang terlalu besar atau kekecilan. Untuk itu, Anda perlu mengukur luas ruangan yang hendak dipasangi permadani. Ini akan menghindarkan Anda dari kemubaziran.

  • Warna

    Pilih permadani dengan warna yang cocok dengan dekorasi interior Anda. Warna permadaninya tidak harus sesuai dengan warna ruangan. Tapi, setidaknya ada satu warna yang bikin klop. Anda bisa mencermati color book atau contoh kain selama membeli. Ingatlah, permadani dengan warna yang lebih light akan cenderung membuat ruangan lebih luas. Sementara itu, permadani dengan warna lebih gelap akan membawa atmosfer cozy.

  • Pola

    Perhatikan pola pada furnitur juga dinding ruangan Anda. Jangan sampai polanya bersaing dengan pola permadani. Jika furnitur atau wallpaper Anda memiliki pola hias, pilih permadani dengan pola yang lebih halus. Pun sebaliknya, jika dinding dan kain pelapis furnitur Anda minim pola, beli permadani dengan pola yang ramai.

(Baca juga: Lesehan, Solusi Alternatif untuk Ruang yang Mungil)

  • Desain

    Pilih permadani yang memiliki medali pusat jika Anda ingin menjadikannya sebagai focal point. Tapi, jika di dalam ruangan Anda sudah ada focal point lain, semisal: lukisan yang besar, mending pasang permadani dengan pola repetitif dan tanpa medali.

  • Tekstur

    Jangan abaikan tekstur permadani. Tekstur adalah elemen yang berguna untuk dekorasi Anda. Beberapa serat yang berbeda pada permadani bisa memberi efek tekstur. Permadani yang terbuat dari sisal atau goni mampu memberi tekstur yang menarik untuk lantai kayu atau ubin.

  • Bentuk

    Jangan batasi diri Anda pada pilihan permadani yang berbentuk persegi panjang. Permadani bentuk oktagonal atau lingkaran bisa memberi sentuhan unik pada ruangan. Sementara untuk lorong atau ruang yang sempit dan sering dilintasi orang, maka baiknya Anda memasang permadani tipe runner.

  • Lalu lintas

    Sebelum memasang permadani di area tertentu, perhatikan seberapa tinggi lalu lintas di situ. Untuk area yang lalu lintas orangnya tinggi, permadani dengan pola yang detail bisa jadi pilihan yang paling praktis. Semakin ramai polanya, semakin mudah perawatannya.

Bagaimana, Sobat Rooang? Sudah siap membeli permadani idaman?

(Baca juga: Tip Memilih Karpet untuk Ruang Makan)