Reading Time: 1
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
mauve-chrysanthemums

Rooang.com | Pernahkah Anda membeli tanaman bunga krisan? Biasanya tanaman ini sudah berbunga dan dikemas dalam polybag atau pot bunga. Kelihatannya sangat cantik, subur, dan sehat.

Tapi setelah beberapa hari ditanam di rumah, bunga krisan mulai layu, daun-daunnya mengalami kerontokan dan batangnya mulai berwarna kecoklatan seperti mau mati. Sudah berupaya untuk menyiraminya, tapi tetap saja tidak bisa kembali cantik seperti sedia kala? Apa yang salah?

Agar bunga krisan tetap menawan seperti saat Anda membelinya, tentu Anda harus merawatnya seperti yang dilakukan oleh penjual bunga tersebut. Perhatikan tips berikut ini demi menjaga kesegaran dan kesuburan bunga krisan.

Lama penyinaran

Batas penyinaran maksimum bunga krisan adalah 14 jam sehari. Krisan termasuk tanaman hari pendek, sehingga tidak boleh terlalu lama terkena sinar matahari. Letakkan bunga ini di tempat yang teduh dan terlindung dari sinar matahari langsung. Keluarkan krisan sekitar 7 jam sehari.

Hormon tambahan

Semprotkan hormon penghambat tumbuh (retardan) pada tanaman krisan. Hormon ini berfungsi menghambat pertumbuhan cabang agar tidak terlalu panjang atau menjulur ke atas, serta memperpendek ruas cabang. Dengan begitu, panjang cabangnya akan rata dan tampak lebih rapi.

Penyiraman

Siram secara rutin setiap hari agar media tanam selalu lembab. Tapi jangan sampai terlalu basah dan becek, karena akan membuat akar bunga krisan cepat membusuk. Saat menyiram, jangan sampai air mengenai daun-daunnya. Bisa juga dengan membuat sistem drip, yaitu meneteskan air sedikit demi sedikit dengan selang kecil.

Pupuk daun

Gunakan pupuk khusus untuk merangsang pertumbuhan bunga. Semprotkan pupuk ini pada area daun sekitar seminggu sekali agar rumbuhan krisan rajin berbunga dan lebat.

Pemupukan

Gunakan pupuk pabrik sebulan sekali, sebagai nutrisi tambahan agar bunga krisan tetap sehat. Ingat, jangan sampai memberikan pupuk terlalu banyak atau terlalu sering, karena malah akan mematikan tanaman krisan tersebut.