Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Korea-Utara

Rooang.com | Korea Utara ibarat gadis dengan aurat tertutup. Bikin siapa saja penasaran dengan parasnya. Namun, tiap kali tersiar kabar pejabatnya yang dihukum mati karena tertidur di acara militer dan hal-hal ‘sepele’ lainnya, kita pun dibikin bergidik. Korut, kau sungguh kejam!

Namun, di balik keberingasannya, negara ini memiliki desain interior yang cukup berkarakter. Kritikus arsitektur asal London, Oliver Wainwright, mengunjungi Korea Utara pada musim panas lalu. Dia tertegun dengan simetri dan warna interior bangunan yang ia datangi. Entah kompleks olahraga, taman kanak-kanak, atau bangunan perkantoran, ia menemukan susunan warna yang rapi.

Simetri adalah prinsip utama dari arsitektur “Juche”, yang terinspirasi dari filosofi politis dengan nama yang sama. Arsitektur “Juche” ini menggunakan elemen desain yang bertujuan untuk mengagung-agungkan perspektif patung dan potret pemimpin Korea Utara sekaligus untuk membuat orang terkagum-kagum.

Komitmen besar Korea Utara pada arsitektur Juche terindikasi pada sosok Kim Jong Il. Ia sampai menulis risalah bertajuk “On the Art of Architecture” setebal 340 halaman.

Wainwright menuliskan, “Ini perangkat yang penuh kepura-puraan. Saya pikir, banyak ruang di Korea Utara yang terasa seperti set panggung. Artinya, ruangan-ruangan tersebut didesain untuk memunculkan respon emosional, biasanya kekuatan monumental sang pemimpin di hadapan massa yang lemah.”

Ia melanjutkan bahwa banyak interior ruangan ini yang takkan bertahan lama. Sebab seiring dengan modernisme yang tengah terjadi di Korea Utara, pemerintah pun gencar mendirikan lebih banyak bangunan kontemporer di Pyongyang.

Berikut beberapa jepretan interior Wainwright dalam kunjungannya tersebut.

Rungrado 1st of May Stadium

Paektusan Academy of Architecture, Pyongyang

 

National Drama Theatre, Pyongyang

 

Pyongyang Diplomatic Club

 

Yanggakdo International Hotel, Pyongyang

 

Kim Jong Suk Creche, Pyongyang

 

Grand People’s Study House, Pyongyang