Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
IXORA-DELICIOSO-CAM-1-30052015

Rooang.com | Kamu lagi liburan di Bali? Suka icip-icip kue dan pastry? Kalau iya, kamu wajib datang ke Ixora and Delicio. Kamu bisa menemukan toko cake and pastry nan kece ini di Jalan Raya Kerobokan, Canggu.

Tetapi, kali ini Rooang tidak akan membahas kue-kue lezat yang mereka sajikan. Rooang malah dapat kesempatan baik berbincang dengan desainer interior Ixora and Delicioso.

Dia adalah Danang Pamungkas.

Ia bercerita kalau kesempatan mendesain toko kue ini ia dapatkan ketika baru saja pulang traveling dari Shanghai, China.

Ixora and Delicioso

“Ini adalah desain pertama saya untuk sebuah toko kue,” ujar pria kelahiran Tenggarong, 6 September 1991 tersebut. Meski demikian, ia mengakui mendapat banyak pelajaran selama proses mendesain hingga karya ini kelar.

Ixor and Delicioso sendiri bermula dari usaha kecil rumahan. Seiring waktu berjalan, usaha ini berkembang pesat. Pemiliknya sudah lama memimpikan sebuah toko kue resto lengkap dengan pabrik roti kecil.

(Baca juga: Inspirasi Interior Toko Roti dan Kue)

“Semua ide itu terkemas dan sangat terkonsep ketika mereka datang menemui saya dan tim lainnya untuk mewujudkan impiannya tersebut,” tutur lulusan Desain Interior ISI Yogyakarta ini.

Ixora and Delicioso

Prosesnya sendiri cukup rumit karena konstruksi bangunan sudah eksis, sementara urusan interiornya hadir di pertengahan. Maka, langkah pertama yang ditempuh Danang adalah melakukan pendekatan ide dengan melihat berbagai macam referensi desain toko roti, baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri.

“Apalagi saya baru saja dari Shanghai. Di sana saya melihat berbagai macam tatatan interior yang menarik dan unik,” tutur pemenang Bravacasa Design Challenge 2015 ini.

(Baca juga: Ini Rahasia Danang Pamungkas Memenangkan Bravacasa Design Challenge 2015)

IMG_20150906_124139

IMG_20150906_131711

IXORA & DELICIOSO CAM 2 - 30052015

Tapi, ketika ia mendesain toko kue ini, ide awalnya justru datang dari karakteristik Pulau Bali, yakni pohon kamboja. Ia pun mengadaptasi daun pohon kamboja menjadi bagian utama dari layouting toko kue ini. Hasilnya, bangunan utama yang aslinya kaku menjadi tampak lebih luwes dengan lengkungan-lengkungan pada dinding fasade utama. Namun, hal itu tidak menghilangkan kesan tegas bangunan.

Jika kamu datang ke sini, kamu akan menemukan point of interest dari Ixora and Delicioso, yakni tanaman rambat yang turun dari lantai dua.

(Baca juga: Cantiknya Lamp Planter untuk Rumah Idaman)

Begitu pula desain railing-nya. Awalnya hanya akan menggunakan besi biasa. Namun, karena ada keinginan untuk menciptakan suasana hijau, maka railing itu pun digantikan dengan planterbox dengan tanaman rambat di dalamnya. Pengunjung pun bisa merasakan suasana hijau alami di toko kue ini.

Jadi, pastikan kalau kamu ke Bali, jangan lupa mampir di Ixora and Delicioso.

Ixora and Delicioso