Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
KFNL

Rooang.com | Mana tempat favoritmu untuk baca buku? Di kamar, kafe, kamar mandi, pojok rumah, taman belakang rumah, atau perpustakaan? Jika tempat terakhir menjadi favoritmu, mungkin kabar ini makin membuatmu jatuh cinta pada perpustakaan.

Ya, baru-baru ini, sebuah perpustakaan di Arab Saudi, yakni King Fahd National Library (KFNL) di Riyadh, dinobatkan sebagai karya arsitektur terbaik tahun 2015 versi program dunia A+Award.

KNFL menempati posisi teratas dari tujuh bangunan yang dipilih sebagai arsitektur inovatif terbaik tahun ini.

Perpustakaan ini terpilih karena struktur bangunannya yang ramah lingkungan. Selain itu, para juri menilai KNFL sesuai standar internasional dan mampu memenuhi tantangan perubahan iklim.

sumber: www.detail-online.com

sumber: arch2o.com

Fleksibilitas dan inovasi menjadi faktor terdepan dalam pembuatan KNFL. Dua faktor itu kemudian membuatnya tidak mengonsumsi energi berlebihan dan menjadikannya sebagai bangunan yang berada di atas standar arbitrase.

Pencahayaan dan aliran udara alami memberikan kenyamanan termal bagi para pengunjung ketika berada di dalam KNFL. Hal itu pula yang membuat KNFL minim penggunaan energi.

Perpustakaan ini terdiri atas kabel baja yang berfungsi sebagai lapisan isolasi untuk mencegah dinding menyerap panas matahari.

Kabel baja juga berguna mendorong pendinginan pasif ke semua lantai dalam perpustakaan.

sumber: domusweb.it

sumber: sefar.com

sumber: arch2o.com

Sumber: kompas.com