Reading Time: 4 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
P1130520

Rooang.com | Cara membuat tampilan dinding berbeda dengan tehnik cat mungkin sudah biasa. Tapi, bagaimana kalo ROOANG membagikan cara membuat tampilan dinding bata ekspos buatan?

Di tengah maraknya tren interior gaya industrial, tak pelak fenomena ini jadi mengangkat derajat dinding bata ekspos. Membuat tampilan ruangan menjadi lebih natural dan sederhana, inilah yang dirasakan ketika dinding Anda menggunakan bata ekspos.

Namun, jika dinding terlanjur tidak menggunakan bata ekspos dan kita tak ada kesempatan untuk memasang dinding bata ekspos, lantas apa yang harus dilakukan agar tampilan dinding kita yang plain berubah menjadi seperti dinding bata ekspos tanpa harus mengganti dindingnya? Artikel ini memang ditulis untuk menjawab pertanyaan di atas.

Tak usah berlama-lama, langsung simak cara membuat tampilan dinding bata ekspos buatan seperti pada gambar di atas.

Cara Membuat :

Material yang dibutuhkan

  • 2 ember cat plamir atau acian putih
  • Isolasi atau lakban yang dapat diaplikasikan pada dinding
  • Pensil
  • Penggaris
  • Kertas amplas
  • Kain lap
  • Spons kasar

Teknik pembuatan:

1. Menyiapkan dinding

Tutup bagian-bagian tertentu menggunakan isolasi atau lakban, seperti colokan listrik dan saklar lampu. Langkah selanjutnya adalah membersihkan dinding. Jika ada lumut atau permukaan dinding yang tidak rata, haluskan menggunakan kertas amplas. Lalu pastikan permukaan dinding bersih dari debu, kotoran, dan noda minyak. Anda dapat membersihkan dinding menggunakan air yang dicampur dengan deterjen berformula lembut dan spons selulosa. Gosokkan spons ke dinding hingga bersih, kemudian bilas dengan air untuk menghilangkan residu sabun. Biarkan hingga kering.

2. Buat pola garis bata

Buat pola dinding bata. Gunakan penggaris, pensil dan pisau untuk menandai pola bata. Tandai pola bata dengan ukuran 7,5 cm x 2,25 cm. Duplikat ukuran bata ini di seluruh bagian dinding. Pertama-tama beri garis horizontal di seluruh permukaan dinding, lalu garis vertikal yang diselang-seling menyerupai pola bata. Ulangi seluruh proses ini ke seluruh permukaan dinding.

3. Beri isolasi atau lakban pada pola garis bata

Mula-mula, buat sudut permulaan. Dan mulailah pada starting point tersebut dengan menempelkan isolasi atau lakban dengan lebar 0,2 cm pada setiap garis pola bata yang telah Anda buat. Usahakan tidak memotong isolasi atau lakban pada tengah garis melainkan pada akhir garis setiap baris. Ulangi langkah ini hingga garis yang paling bawah.

Setelah selesai, tempelkan isolasi atau lakban dengan cara yang sama pada garis vertikal agar membentuk pola bata seperti pada gambar di atas. Ulangi hingga garis yang paling bawah.

4. Mulai aplikasikan acian putih/plamir

Aplikasikan acian putih at cat plamir pada seluruh permukaan dinding. Ratakan seluruh permukaan dinding. Saat setengah kering, sentuh seluruh permukaan menggunakan spons kasar untuk memberikan efek tekstur batu bata pada acian.

5. Kupas isolasi atau lakban yang menempel

Jika telah mengering, kupas satu demi satu isolasi atau lakban yang menempel pada dinding.

6. Cat seluruh permukaan dinding

Langkah terakhir dari membuat tampilan dinding seperti dinding bata ekspos adalah mengecat seluruh permukaannya. Anda bisa mengecat dinding dengan warna yang Anda inginkan, misalnya warna putih, merah bata, hitam, dan lain sebagainya.

Dan, tampilan dinding bata ekspos Anda sudah jadi!