Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
cara-membuat-papan-nomor-rumah

Rooang.com | DIY alias Do It Yourself kini semakin diminati. kegiatan DIY ini juga sering dilakukan untuk membuat dekorasi yang bisa mempercantik rumah anda. Salah satu komponen penting dari sebuah rumah adalah papan nomor rumah. Saat kamu pergi mencari alamat rumah dosen untuk bimbingan skripsi, misalnya, kamu pasti akan mencari tulisan nomor rumahnya. Pengirim paket berisi baju yang kamu beli secara online juga akan mencari papan nomor rumahmu, agar paket kiriman tersebut sampai di alamat yang tepat.

Karena itu, papan nomor rumah wajib ada. Selain itu, papan nomor rumah harus tertulis dengan jelas, mudah dibaca, dan terlihat jelas dari jalan. Kalau papan nomor rumahmu masih terbuat dari plat hitam biasa yang sudah mulai pudar warnanya, sebaiknya ganti sekarang juga. Tidak perlu beli, karena kamu bisa membuatnya sendiri. Ikuti petunjuk berikut.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Papan kayu (pilih yang ukurannya agak besar)
  • Paku
  • Palu/bor
  • Pensil dan penggaris
  • Kertas milimeter atau kertas skala

Cara membuat papan nomor rumah:

  1. Haluskan papan kayu. Beri pengawet kayu agar papan nomor rumahmu lebih tahan lama.
  2. Tempelkan milimeter pada papan kayu
  3. Gambar titik-titik yang membentuk angka nomor rumahmu.
  4. Beri tanda pada papan kayu dengan sedikit menancapkan paku agar terlihat bekas dan tempat untuk menancapkan paku nantinya.
  5. Lepas kertas milimeter dari papan kayu.
  6. Tancapkan paku sesuai titik-titik yang ada pada papan kayu.
  7. Pastikan semua paku tertancap dengan rapi, tidak miring, tidak lebih tinggi atau lebih rendah.
  8. Beri gantungan di bagian belakang, dengan kawat atau plat besi kecil.

Tada! Papan nomor rumahmu sekarang sudah jadi. Tinggal dipasang di pagar atau tempat yang paling terlihat dengan mudah. Mudah bukan membuatnya?