Reading Time: 1
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
merawat-furnitur-rotan-outdoor

Rooang.com |Furniture outdoor terbuat dari banyak bahan, mulai kayu, plastik, rotan, bahkan besi. Memang keberadaan furniture outdoor, seperti sofa dan meja kecil, akan membuat taman atau patio anda menjadi lebih nyaman. Tapi, dari beragam bahan furniture outdoor, bahan rotan adalah pilihan yang sangat pas, karena material ini terlihat sangat menyatu dengan tema alam.

Kelemahannya ada pada daya tahan. Dengan iklim tropis dan hujan yang makin tidak menentu, kamu harus pandai-pandai merawat furnitur rotan di rumah. Jika tidak, furnitur rotan akan cepat berjamur dan rusak. Merawat furnitur rotan sama sekali tidak sulit jika kamu rajin menerapkan cara di bawah ini.

Tips Merawat Furniture Outdoor

1. Bersihkan secara rutin

Membersihkan furnitur rotan bisa dengan menggunakan vacuum cleaner, kemucing, atau lap. Segera bersihkan jika terkena tumpahan makanan atau minuman. Bersihkan furnitur rotan di rumahmu paling tidak seminggu sekali.

2. Gunakan penutup dari parasut atau plastik

Saat musim hujan, gunakan penutup dari parasut atau plastik besar. Jika sempat, masukkan furnitur ke gudang saat tidak digunakan. Tapi, jangan sampai terlalu lembab.

3. Lindungi bagian kaki

Pasang pelindung karet di bagian kaki meja, kursi, dan sofa rotan. Bagian kaki paling mudah rusak karena tergesek saat digeser-geser.

4. Pengecatan ulang

Jika terlihat ada bekas scratch dan warnanya pudar, kamu boleh mengecatnya kembali. Tapi, gunakan minyak biji rami sebagai pelapis dasar. Minyak biji rami berperan mencegah kerusakan furnitur rotan.

5. Tetap kering tapi jangan sampai retak

Jangan terlalu lama menyimpan furnitur rotan di dalam rumah saat tidak dipakai. Furnitur rotan harus dijemur secara rutin. Saat tidak digunakan, buka penutup parasutnya dan angin-anginkan agar tidak mudah ditumbuhi jamur.