Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
rumah-1-dollar-di-amerika

Rooang.com | Rumah subsidi program pemerintah Indonesia berharga setidaknya Rp 100 juta. Rumah non subsidi paling tidak harganya Rp 300 juta. Rumah mewah harganya berkali-kali lipat lebih mahal, bisa sampai lebih dari Rp 10 M. Di mana-mana harga tanah dan rumah sangat mahal, mau di desa, kota, Jawa, Papua, sama mahalnya. Bayangkan berapa harga rumah yang ada di negara-negara maju, tentu jauh lebih mahal. Sebut saja si Adi Kuasa, Amerika Serikat.

Eits, kamu kira harga rumah di Negeri Paman Sam ini mahal? Memang sih, biaya hidup di sana terbilang mahal sekali, apalagi kalau di New York yang biaya sewa kamar sempit saja sampai lebih dari 10 juta per bulan. $1 bahkan kadang tidak cukup buat beli minuman soda. Namun ternyata beberapa rumah di kawasan Detroit dijual dengan harga sekeping dolar ini. Hanya dengan $1, kamu bisa punya rumah.

Tentu bukan rumah yang layak huni. Rumah yang dijual sudah rusak cukup parah, biasanya rusak pada bagian plumbing, talang, atap, pintu dan jendela, bahkan dinding. Tapi setidaknya ini tetap murah. Coba pikirkan di mana lagi kamu bisa beli tanah dengan harga Rp 13.000 di Amerika Serikat sana? Apalagi untuk lokasi pinggiran New York yang dikenal sebagai kota paling maju dan paling metropolitan di dunia.

Entah karena warga di sana sudah sangat tajir, atau enggan menerima rumah murah dan khawatir disebut warga miskin, ataukah karena malas merenovasi, rumah seharga $1 ini tidak banyak diminati. Bahkan setelah diiklankan selama hampir 2 tahun, beberapa rumah tetap tidak dilirik.

Rumah 1 dolar ini pada dasarnya merupakan program pemerintah untuk menyediakan tempat tinggal bagi warga tidak mampu. Rumah-rumah yang sudah ditinggalkan oleh pemiliknya dicatat oleh pemerintah setempat, lalu disimpan sebagai tempat cadangan yang akan dimanfaatkan untuk komunitas dan organisasi non-profit.

Bagaimanapun bentuknya, tentu adanya rumah ini perlu diapresiasi. Ada banyak sekali tuna-wisma yang nyaris membeku selama musim dingin. Dengan rumah yang layak, mereka bisa beristirahat dengan tenang.

Apakah kamu berminat memiliki rumah ini? Atau berminat menjual rumahmu seharga 1 dolar juga?