Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
olafur-eliasson-collectivity-project-high-line-new-york-designboom-09

Rooang.com | Sejumlah arsitek top New York bekerja bersama untuk membangun sebuah kota. Namun tampaknya kali ini mereka tidak memerlukan suatu perencanaan dan penghitungan yang rumit, karena sebuah kota yang hendak mereka bangun adalah kota imajiner yang terbuat dari LEGO.

Adalah sebuah studio karya seni asal Prancis Olafur Eliasson yang memprakarsai proyek ini. Pria yang juga seorang artist/seniman ini membuat project yang berjudul ‘The Collectivity Project” tersebut sontak menjadi high line di kota New York pada Mei 2015 lalu.

Display kota LEGO ini memang sengaja dibuat sederhana, diletakkan di atas meja lapang begitu saja. Tujuannya adalah menarik partisipasi dan minat pengunjung untuk ikut ‘membangun’ cityscape kota imajiner mereka. Para pengunjung dipersilahkan untuk menambahkan struktur bangunan yang sesuai dengan karakter mereka pada bangunan yang sudah ada, atau mereka juga diperbolehkan membangun kembali jika bangunan tersebut tak sesuai dengan keinginan mereka.

Tak tanggung-tanggung, panitia menyiapkan 2 ton LEGO yang seluruhnya berwarna putih untuk memenuhi kepuasan imajinasi membangun sebuah kota dari para citizen yang berkunjung.

Untuk pertama kalinya, sebuah pilihan dari perusahaan arsitektur yang terlibat dalam proyek-proyek saat ini atau yang sedang berlangsung di lingkungan sekitarnya, telah bekerjasama dengan membangun satu struktur untuk pembukaan proyek.

Sebut saja BIG, David M. Schwarz Architect, Diller Scofidio + Renfro, James Corner Field Operation, OMA New York, Renzo Piano Building Workshop, Robert AM Stern Architects, Selldorf Architect, SHoP, dan Steven Holl Architects yang masing-masing telah membangun struktur awal bangunan. Struktur awal tersebutlah yang dipergunakan menjadi patokan awal dari pembangunan kota LEGO yang dibangun oleh masyarakat selama empat bulan ke depan.