Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
463ea4dd0b04f800b0344fd7558c13c5

Rooang.com | George Livissianis adalah seorang pionir arsitek interior ternama di Sydney. Namanya tengah bermunculan di berbagai media elektronik maupun cetak di kota terbesar kedua di Australia tersebut. Sebab, sang arsitek interior tersebut telah menorehkan karya desain interiornya pada beberapa restoran ternama di Sydney, seperti The Apollo, Longrain, dan Cho Cho San.

Dari hal menata dapur sebuah restoran ternama, Livissianis paham betul mengenai tata letak sebuah dapur agar terlihat stunning namun tetap efisien. Nah, yuk simak 5 tips menata dapur ala George Livissianis.

1. Renovasi dapur dengan cepat

Jika renovasi dapur secara total tidak ada di dalam benak Anda, Livissianis memiliki tips yang jitu bagaimana merenovasi dapur dengan cepat, tapi dengan hasil yang maksimal.

– Bersihkan, perbaiki, dan tingkatkan peralatan dapur Anda secara menyeluruh

Kompor berkarat, lemari pendingin bocor. Kadang dua hal tersebut membuat Anda malas memasak di dapur. Membersihkan, memperbaiki, atau bahkan mengganti peralatan dapur yang bermasalah akan membuat dapur tampak menyenangkan.

– Ganti benchtop/meja dapur

Benchtop/meja dapur adalah satu fitur yang paling terlihat dan paling banyak digunakan di dapur. Bahkan, tampilan benchtop/meja dapur ini menjadi sebuah pernyataan desain dari sebuah interior dapur. Dalam hal ini, Livissianis amat menyukai struktur dari material alami yang bertekstur seperti granit putih.

– Ganti rak lemari dan atur ulang pencahayaan

Jika Anda merasa papan rak lemari yang bermasalah, pertimbangkan untuk menggantinya. Livissianis tidak merekomendasikan untuk hanya sekedar mengganti catnya atau memperbaikinya. Pencahayaan juga patut untuk diatur ulang, karena pencahayaan yang tepat akan memodernisasi dan meningkatkan performa dapur.

2. Optimalkan tata letak dapur

Layout dapur hendaknya ditata dengan cermat. Menurut Livissianis, seorang pengguna dapur memerlukan ruang set down di kedua sisi area memasak, serta membutuhkan ruang persiapan yang cukup.

Yang kedua, pastikan tata letak dapur Anda memiliki aliran yang bagus. Jika Anda sedang memotong sayuran, maka letakkan tempat sampah di sekitar area tersebut. Area memotong juga harus dekat dengan wastafel sehingga Anda dapat mencuci bahan masakan dengan mudah.

3. Tambahkan meja dapur di tengah

Menurut Livissianis, sebuah meja besar yang diletakkan di tengah-tengah ruang dapur adalah sebuah kunci nilai tambah dari desain dapur. Aliran yang melingkar dan menjadikan sebuah meja besar menjadi titik pusatnya, membuat aktivitas di dapur menjadi lebih efisien karena titik pertemuan (meja besar) tersebut mudah dijangkau dari segala sisi.

4. Pilih peralatan dapur yang tepat

Ketika memilih peralatan yang dibutuhkan, Anda harus memutuskan dari segi fungsi serta kualitasnya. Pilih peralatan dapur yang awet, tahan lama, bergaransi, dan tempat servis yang mudah dijangkau. Menurut Levissianis, patut dipertimbangkan untuk membeli peralatan dapur dengan merek yang sama. Dengan cara ini, material peralatan dan bentuknya akan konsisten dan senada. Plus Anda mungkin akan mendapatkan diskon.

5. Lantai dan interior dapur sama seperti lantai dan interior ruangan yang lain

Livissianis lebih memilih menggunakan lantai untuk dapur sama seperti lantai-lantai di ruangan lain secara keseluruhan. Ia tak setuju jika lantai dan interior dapur dibuat berbeda dan dipandang bahwa itu adalah dapur, tempat yang biasanya selalu kotor. Ia lebih suka melihat aliran lantai dan interior terhubung di seluruh ruangan sehingga tidak terpisah hanya di zona itu (dapur).