Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
76563dd989e948e79ad11730773434a1

Rooang.com | 5 bangunan masjid di bawah ini, bukan hanya menjadi sebuah bangunan untuk beribadah bagi umat islam, tetapi juga menyatukan desain sakral dan modern. Bangunan religi seperti masjid, biasanya memiliki arsitektur yang hampir mirip satu sama lainnya. Memiliki kubah di tengah dan menara di sebelahnya. Kubah masjid punya bermacam-macam bentuk. Ada yang setengah lingkaran, setengah oval, segitiga, limas, dan lain sebagainya. Konon ini merupakan bagian dari warisan budaya lokal setempat.

Merancang sebuah masjid bagi sebagian arsitek tentu memiliki tantangan tersendiri. Ada beberapa prinsip dan tipologi khas yang penting untuk diperhatikan dalam membangun tempat ibadah bagi umat Islam. Sehingga rancangan bangunan masjid yang konvensional banyak dikaitkan dengan gaya konservatif dengan bentuk-bentuk tradisional namun tetap mengedepankan estetika.

Meski begitu, di luar sana telah banyak arsitek yang menelurkan karya sebagai hasil pembuktian dalam merancang sebuah masjid modern yang bertujuan untuk menarik generasi muda namun tetap menghormati tradisi-tradisi lama. Hasilnya adalah masjid-masjid dengan desain futuristik yang menyatukan suasana yang sakral yang dikemas secara lebih modern.

1. Islamic Cultural Center and Museum of Tolerance, Tirana, Albania

Adalah BIG Architects yang berhasil memenangkan kompetisi merancang sebuah masjid, pusat studi Islam sekaligus museum di Tirana, Albania. Kompleks bangunan Islamic Cultural Center ini tidak hanya disiapkan bagi komunitas Muslim saja, namun juga dapat mengedukasi publik tentang nilai-nilai Islam. Inilah yang menjadi inspirasi bagi tim arsitek merancang bangunan yang terbuka dan sangat inklusif.

Masjid ini dapat menampung hingga 1.000 jama’ah pada kegiatan ibadah sehari-hari, 5.000 jama’ah pada ibadah sholat jum’at, serta 10.000 jama’ah pada ibadah hari raya.

(Sumber foto: pinterest.com)

(Sumber foto: inhabitat.com)