Reading Time: 5 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
cara-memilih-warna-7

Rooang.com | Apa sih yang biasanya Anda pertimbangkan saat akan membangun rumah? Apakah biaya, material, ukuran, denah? Bagi sebagian orang, ada factor lain yang tidak kalah penting, yaitu fengshui. Kalau tidak memperhatikan fengshui, kuatir hokinya bakal menurun. Kuatir chi di rumah kurang bagus. Apalai kalau rumah tersebut sekaligus dipakai untuk buka usaha, wah harus benar-benar diperhatikan. Termasuk dalam cara memilih warna rumah, mesti tahu dulu, apakah cocok dengan ketentuan fengshui atau tidak.

warna rumah menurut feng shui(Makna warna dalam rumah menurut feng shui. Sumber foto: kenlauher.com)

Kesulitan menemukan pakar fengshui di sekitar Anda. Jangan resah dulu. Kami berikan informasi seputar panduan memilih warna rumah menurut ilmu fengshui. Cek yuk.

Masalah dasar dalam memilih warna

Pemilihan warna kadang bisa membuat pikiran galau. Mau menggunakan warna favorit untuk rumah, tapi belum tentu cocok untuk warna dinding. Apalagi kalau tidak sesuai dengan cara memilih warna dinding dan trik pemilihan warna langit-langit dengan benar. Ada juga yang sudah terlanjur memilih warna, tapi tidak cocok untuk pencahayaan alami di rumah. Padahal warna rumah tinggal disesuaikan dengan konsep ruangan. Warna rumah sebaiknya ditentukan di akhir, setelah Anda mempersiapkan dekorasinya. Namun agar Anda tidak salah pilih dan terjerumus pada kesalahan tersebut, maka perlu mengikuti aturan dalam fengshui.

cara memilih warna menurut fengshui(Pemilihan warna perlu disesuaikan dengan tema ruangan dan fengshui. Sumber foto: homedsgn.com)

Hal pertama yang perlu diperhatikan

Hal mendasar yang perlu Anda ketahui adalah bahwa warna memainkan peranan yang cukup besar dalam kesejahteraan Anda. Warna bisa menyerap energy dan melepaskannya kembali ke alam. Warna berkaitan dengan aktivitas yang akan dilakukan dan siapa yang melakukan aktivitas tersebut, sehingga setiap ruangan di rumah memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

Cara memiliih warna rumah berdasarkan penghuni rumah

Mulailah mempertimbangkan pemilihan warna berdasarkan orang yang akan menggunakan ruangan tersebut. Misalnya pemilihan warna untuk kamar bayi, tentu sebaiknya Anda tidak memilih warna merah dan warna gelap.

cara memilih warna menurut feng shui(Warna yang lembut dan menenangkan untuk kamar bayi. Sumber foto: home-designing.com)

Cara memilih warna di ruangan aktif

Ruangan aktif maksudnya adalah ruangan yang berisi banyak aktivitas, misalnya ruang makan dan ruang TV. Untuk ruangan seperti ini, baiknya Anda memilih warna yang memberikan semangat, misalnya warna-warna vibran dan bold. Namun, jangan buru-buru memilih warna merah. Merah memang dipercaya sebagai warna keberuntungan, tapi jangan sampai asal menggunakan warna ini. Merah mengandung emosi dan energy yang terlalu besar, yang kalau tidak bisa dibendung dia malah akan menularkan energi negatif. Pilih warna seperti magenta, oranye, kuning atau tosca. Gunakan saja sebagai warna aksen yang tidak mendominasi.

cara memilih warna rumah(Warna api untuk area yang dinamis dan sering dilalui. Sumber foto: mcgrath2.com)

Warna lembut untuk ruangan yang butuh ketenangan

Ruangan yang membutuhkan ketenangan antara lain kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu, dan ruang kerja. Untuk ruangan-ruangan ini, sebaiknya menggunakan warna netral, biru, atau hijau dengan tone pastel yang cerah dan lembut. Warna biru dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi. Menurut sebuah penelitian, warna ini juga merupakan warna rata-rata orang berpenghasilan tinggi. Wow!

cara memilih warna rumah(Pemilihan warna untuk ruang kerja. Sumber foto: digsdigs.com)

Menggunakan warna hitam dengan tepat

Hitam bukanlah warna yang disarankan oleh fengshui, karena warna ini cukup berat dan bisa mendatangkan energy negatif, terutama untuk dapur dan kamar tidur. Namun kalau memang Anda terlajur suka dengan warna hitam, beberapa trik bisa dilakukan. Cobalah untuk menjadikan hitam sebagai warna aksesoris di antara warna lembut dan netral. Misalnya di dapur yang didominasi warna putih tulang, tempatkan koleksi mangkuk warna hitam di rak kaca atau rak terbuka. Pilih warna hitam sebagai warna rice cooker, blender, atau microwave. Agar terlihat mencolok, kurangi penggunaan warna lainnya.

cara memilih warna feng shui(Penggunaan warna hitam pada rumah. Sumber foto: decoist.com)

Cara memilih warna rumah yang netral putih dengan tepat

Banyak orang menyukai rumahnya dicat warna putih karena berpikir bahwa warna putih adalah warna netral yang cocok untuk semua gaya interior. Padahal menurut fengshui, warna putih cerah adalah warna yang mendekati ke efek silau dan logam yang tajam. Tentu saja ini tidak baik untuk Anda. Untuk itu, cara memilih warna rumah menurut feng shui adalah pilih corak putih yang bukan putih sebenarnya, misalnya putih tulang, biru terang yang hamper menyerupai putih, atau abu-abu yang sangat cerah. Hindari menggunakan warna putih murni di rumah.

cara memilih warna cat rumah(Pilih tone warna putih yang tepat agar tidak menumbulkan energi negatif. Sumber foto: abwd.co.uk)

Lalu bagaimana kalau sudah terlanjur suka dengan nuansa netral?

Selalu ada orang yang enggan kompromi seperti ini. Meski demikian, fengshui tetap memiliki solusi cara memilih warna rumah yang baik. Kalau Anda enggan beranjak dari warna putih yang netral, maka usahakan agar warna netral ini tidak polosan. Berikan beberapa corak dan tekstur. Misalnya memilih karpet bulu, sarung bantal rajut, taplak meja dengan aksen tilt, lukisan warna cerah selain putih, guci perak, dan semacamnya.

cara memilih warna cat tembok(Warna netral putih tetap harus dikombinasikan dengan warna lain demi keseimbangan. Sumber foto: adventured.co)

Namun begitu, tetaplah mencoba untuk menggunakan warna lain yang kontras. Cara memilih warna rumah yang baik adalah dengan menjaga ruangan tetap seimbang dan proporsional. Terlalu banyak warna soft dan netral bisa membuat seseorang terlena dan kurang bersemangat. Tambahkan warna-warna vibran di beberapa bagian, untuk menambah sikap antusias dan semangat dalam bekerja. Jangan sampai terlalu santai, ya!

Cara memilih warna rumah kombinasi

Berhati-hatilah dalam memilih kombinasi warna. Cara memilih warna rumah kombinasi seharusnya saling melengkapi dan menyeimbangkan. Misalnya jika Anda suka warna kuning, maka pilihlah warna kombinasi yang lembut, pastel, pucat, atau yang agak gelap. Ini karena warna kuning memiliki kcenderungan menjadi warna yang tajam, meskipun Anda sudah memilih kuning yang paling lembut sekalipun. Kombinasikan kuning dengan abu-abu pucat.

cara memilih warna perabot rumah(Kombinasi warna yang tepat untuk menciptakan keseimbangan dalam rumah. Sumber foto: home-designing.com)

Bagaimana? Sudah mendapat pencerahan soal cara memilih warna rumah yang tepat sesuai fengshui? Kalau sudah, kini saatnya berkonsultasi lebih lanjut mengenai desain dan dekorasi rumah Anda dengan para pakar di Rooang.com.