Reading Time: 4 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
inspirasi-gambar-rumah-kecil

Rooang.com | Rumah mungil? siapa takut. Buat apa memiliki rumah besar kalau kita hanya tinggal sendiri? Rumah besar hanya malah akan lebih sulit dibersihkan, membutuhkan perawatan yang lebih banyak, dan akhirnya Anda harus mengeluarkan biaya lebih tinggi untuk menjaga agar rumah tetap bersih dan terawat. Bagi Anda yang baru menikah, hanya memiliki 1 anak, atau malah hanya single yang tinggal sendiri, sebaiknya memilih rumah mungil sebagai tempat tinggal. Selain biaya membangunya lebih murah, rumah berukuran mini juga lebih efisien dalam memaksimalkan ruang yang ada. Karena sebesar apapun rumahnya, tempat yang paling banyak digunakan adalah kamar tidur, ruang TV, dan dapur.

Anda tidak perlu bingung dan membuat desain rumah sendiri, karena kami sudah menyediakannya untuk Anda. Pilih mana yang paling sesuai dengan bentuk lahan tempat rumah tersebut akan dibangun.

Dilihat dari desain interiornya, rumah mungil ini terlihat hangat dengan sentuhan motif-motif tanaman yang terkesan klasik dan batu alam sebagai countertop. Jika kurang sesuai selera, Anda bisa mengganti dan memilih sendiri warna dan corak yang sesuai dengan kepribadian. Ada sebuah teras kecil di bagian depan. Pintunya adalah jenis pintu Perancis dengan banyak kaca kecil kotak-kotak yang makin menguatkan rasa klasik desain ini. Sangat cocok untuk pria maupun perempuan dewasa yang hidup sendiri.

Denah di atas menunjukkan adanya  teras dari arah yang berlawanan: satu teras depan dan satu teras belakang. Teras depan biasanya berfungsi untuk menyambut tamu, sedangkan teras belakang bisa digunakan untuk bersantai dengan keluarga dan sebagai tempat koleksi tanaman jika Anda memiliki lahan yang terbatas. Screened posrch berarti teras dengan screen, sehingga cahaya tetap masuk namun serangga tidak akan masuk.

Desain rumah mungil ini lebih besar, dibanding kedua gambar rumah minimalis di atas. rumah bergaya minimalis ini dilengkapi teras yang cukup panjang, dapur yang luas, dan ruang wardrobe khusus yang tidak jadi satu dengan kamar tidur. Meski demikian, rumah tersebut tetap terlihat praktis hanya untuk  atau 3 anggota keluarga.

Rumah minimalis dengan ukuran kecil akan terasa lebih lega jika tidak memiliki banyak penyekat. Seperti pada gambar rumah di atas, tidak ada sekat permanen berupa tembok yang membatasi antara ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Ruangan yang terbuka juga memudahkan aktivitas dan sirkulasi udara lebih lancar.

Rumah mungil sederhana berbentuk huruf L ini sangat cocok untuk dibangun pada lahan kecil. Desainnya mirip dengan apartemen mini yang menggabungkan antara dapur dengan ruang duduk. Karena lahannya terbatas, pastikan kamar tidur tetap mendapatkan jatah ruang yang longgar dan nyaman.

Desain ini cocok untuk Anda yang menempati bangunan sharing atau ingin menyewakan lantai atas. Tangga diletakkan di luar bangunan sehingga tidak menyatu dan mengganggu aktivitas tuan rumah. Meskipun hanya memiliki satu kamar tidur, namun penatannya sangat kompak sehingga tampak rapi dan praktis.

Desain rumah minimalis selanjutnya sangat pas untuk keluarga kecil yang tidak menyukai bangunan bertingkat tapi tetap terasa nyaman. Ruang makan dan dapur dibuat tanpa sekat dan berukuran luas untuk mengakomodasi aktivitas keluarga yang dilakukan bersama-sama.

Rumah mungil ini nyata sekali lebih mengutamakan kenyamanan di kedua kamar tidurnya daripada formalitas ruang tamu. Ruang tamu sekaligus berfungsi sebagai ruang keluarga. Hal ini sangat efektif, apalagi saat ini ruang tamu sangat jarang digunakan.

Dapur dan ruang makan tepat setelah pintu masuk, kenapa tidak? Jangan sungkan menyambut tamu di ruang makan, karena ini malah memberikan kesan yang lebih akrab.

 

Menurut Fengshui, kamar mandi sebaiknya tidak berhadapan langsung depan dapur. Apalagi kalau klosetnya tepat berada di dekat pintu toilet. Ada baiknya Anda memasang pastisi untuk memisahkan kedua area ini.

3 COMMENTS