Reading Time: 4 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
desain-kabinet-dapur-8

Rooang.com | Sudah jadi masalah semua orang bahwa dapur adalah area yang paling kotor di rumah. Baru dibersihkan, sudah kotor lagi. Meskipun dibersihkan setiap hari, tetap dibutuhkan agenda bersih-bersih dapur bulanan untuk membersihkan area yang tersembunyi, seperti di dalam kabinet dapur, bawah rak piring, di bawah wastafel yang tertutup, dan area lain yang jarang dibuka. Perawatan dapur memang membutuhkan usaha ekstra. Karenanya, dibutuhkan desain kabinet dapur praktis yang memudahkan Anda untuk membersihkannya.

desain kabinet dapur(Desain kabinet dapur tertentu membutuhkan perawatan yang rumit. Sumber foto: gavinfurniture.com)

Desain kabinet dapur praktis yang mudah dibersihkan

Desain kabinet dapur dengan pintu minimalis

Sebisa mungkin hindari memilih kabinet dapur yang pintunya berlekuk. Lekukan pintu kabinet dan rak ini akan membuat debu lebih mudah menempel. Pilih kabinet dapur dengan permukaan mulus tanpa lekukan apapun selain untuk handle pintunya. Dengan begini, debu tidak mudah menempel dan akan mudah membersihkannya. Tidak perlu membersihkan terlalu repot dan lama untuk molding.

desain kabinet dapur(Pintu minimalis lebih mudah dibersihkan. Sumber foot: josephkitchens.com)

Desain kabinet dapur dengan ujung kabinet sejajar

Ada dua jenis ujung kabinet dapur, yang dengan atau tanpa kelebihan di bagian pintu. Mintalah pada jasa pembuat kitchen set agar ujung kabinetnya nanti dibuat lurus dan tidak melebihi siku-siku ujung. Kelebihan pintu di bagian ujung bisa menghambat proses bersih-bersih karena Anda akan butuh waktu lebih lama untuk membersihkan bagian yang lebih detail ini. Selain itu, jenis ujung siku yang mulus juga akan membuat tampilan dapur Anda lebih elegan dan minimalis.

desain kabinet dapur(Pilih pintu kabinet yang diberi panah sebelah kanan untuk memudahkan perawatan. Sumber foto: cabinetjoint.com)

Desain kabinet dapur tanpa detail

Sebagian orang menyukai furnitur dengan banyak detail yang indah. Meskipun gaya klasik itu menarik, tapi detail pada kabinet dapur akan membuat Anda kesulitan membersihkannya. Molding di pintu, sisi samping, rak bawah, dan meja dapur akan lebih sulit dibersihkan dan membutuhkan waktu lama untuk membersihkan setiap bagiannya. Untuk menambah keindahan dapur, gunakan permainan warna cerah kabinet, backsplash, dan kursi dapur.

desain kabinet dapur(Model kabinet minimalis tanpa molding dan detail lebih murah dirawat dan dibersihkan. Sumber foto: nuinhome.com)

Desain kabinet dapur kayu dengan cat natural

Cat kayu warna natural akan menjaga motif alami serat-serat kayu. Sedangkan cat kayu warna akan menutupi semua motif alami tersebut. Sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan cat kayu yang menampilkan motif kayu alami. Selain terlihat lebih natural, kabinet dapur dengan warna cat ini lebih mudah diperbaiki saat ada bekas goresan.

desain kabinet dapur(Cat kayu warna natural menyerupai warna asli atau pelitur lebih mudah dirawat saat terjadi goresan. Sumber foto: kitchen36.com)

Desain kabinet dapur finishing HPL

HPL adalah material finishing yang sangat digemari. Selain harganya terjangkau, punya banyak motif dan warna, HPL juga minim perawatan. Karena permukaannya sangat halus, membersihkannya cukup dengan mengelap saja. Saat terjadi goresan, bekasnya tidak mudah terlihat.

desain kabinet dapur(Kabinet dapur finishing HPL memiliki warna lebih banyak. Sumber foto: elgintxhomes.com)

Desain kabinet dapur backsplash dan meja finishing khusus

Ada banyak pilihan material meja dapur, tapi sebaiknya hindari pemilihan material batu alam seperti granit dan marmer yang membutuhkan perawatan tinggi dan hati-hati. Sebaiknya gunakan finishing keramik atau laminasi yang lebih mudah dibersihkan dan awet. Selama cara pemasangan keramik benar, maka meja dapur Anda akan awet dan terjaga keindahannya. Untuk backsplash, pilih material keramik atau juga HPL.

desain kabinet dapur(Pilih material meja dapur selain batu alam. Sumber foto: pinterest.com)

Desain kabinet dapur minim rak terbuka

Rak terbuka memang sangat menarik untuk memamerkan aneka koleksi perlengkapan makan Anda. Tapi, rak terbuka juga mengundang lebih banyak debu. Debu tidak hanya menempel di rak, tetapi juga pada alat-alat makan. Artinya, sebelum makan Anda harus mencuci lagi peralatan tersebut. Untuk itu, kurangi rak terbuka di dapur. Jika ingin dapur terlihat lebih luas, ganti rak terbuka ini dengan pintu kaca, tapi hanya di sebagian saja. Kaca lebih sulit dibersihkan daripada HPL.

desain kabinet dapur(Rak terbuka dan dinding bata membutuhkan perawatan kebersihan yang lebih banyak. Sumber foto: interioridea.net)

Desain wastafel dapur

Wastafel yang biasa digunakan untuk mencuci pastinya menjadi salah satu bagian yang paling kotor. Agar tidak susah merawatnya, pastikan Anda memiliki filter di bagian lubang pembuangan, agar kotoran sisa makanan tidak masuk ke pipa dan menyumbat saluran air. Letakkan keset di bawah wastafel untuk mencegah tetesan air ke lantai lalu susah dibersihkan. Pasang keran tidak terlalu tinggi agar airnya tidak menciprat ke mana-mana.

desain kabinet dapur(Keran yang terlalu tinggi menyebabkan dapur lebih mudah kotor dan becek. Sumber foto: magnettrade.co.uk)

Kalau desain dapur sudah tepat, maka ke depannya Anda tidak perlu pusing memikirkan betapa repotnya membersihkan kabinet dapur di rumah. Untuk kabinet penyimpan perabot yang jarang digunakan, paling tidak harus dibuka seminggu sekali untuk mengurangi kelembapan, bau tidak sedap, dan bakteri.

Selalu konsultasikan desain dapur serta interior rumah yang lain pada ahlinya. Buat akun di Rooang.com untuk berkonsultasi dengan para jasa profesional di bidang home-improvement.

4 COMMENTS