Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
desain-tangga-industrial

Rooang.com | Suka berkunjung ke resto dan kafe? Belakangan, kafe-kafe yang baru berdiri mengusung konsep rustic-industrial, yang memadukan material kayu dan metal dengan sangat apik. Biasanya pengunjung akan langsung jatuh cinta dan ber-selfie atau foto rame-rame. Tak sedikit yang ingin memiliki dekorasi serupa di rumahnya masing-masing. Ngaku, deh, Anda juga termasuk orang yang tertarik dengan interior seperti itu, kan? Salah satu cara untuk mengubah tampilan interior rumah menjadi bertema industrial adalah dengan mengubah desain tangga. Berikut tips tangga rustic-industrial yang bisa Anda terapkan di rumah.

desain tangga modern(Tangga industrial di rumah minimalis modern. Sumber foto: fanrto.com)

Tips membuat tangga rustic-industrial

Desain tangga industrial lantai kayu

Kayu mewakili karakter rustic dari tangga. Untuk tangga dengan desain industrial-rustic, umumnya lantai yang digunakan bermaterial kayu solid yang sudah dicat dan diberi pelapis agar awet. Kayu solid memang berharga lebih mahal, tapi tentu jauh lebih awet. Jika merasa kayu solid terlalu mahal, gunakan tangga beton biasa, lalu dilapisi dengan keramik motif kayu. Keramik lebih mudah dirawat dan dibersihkan.

desain tangga industrial(Lantai tangga terbuat dari kayu solid yang kuat. Sumber foto: houzz.com)

Desain tangga handle pipa besi atau kayu

Untuk bagian handle tangga, bisa pilih antara material logam atau kayu. Keduanya bisa digunakan. Umumnya handle tangga rustic-industrial ini tidak memiliki banyak ukiran, apalagi sampai berlebihan. Hanya handle bulat panjang biasa. Untuk warna handle besi, sebaiknya pilih warna hitam yang maskulin dan identik dengan desain interior industrial yang macho.

desain tangga industrial(Rumah minimalis modern bergaya industrial. Sumber foto: zillow.com)

Desain tangga dengan railing dari wire mesh

Untuk desain yang konvensional, railing biasanya dibuat dari wire mesh, yaitu jaring kawat berlubang besar. Desain lainnya menggunakan kawat besar yang sejajar dengan handle tangga. Ada juga yang railing tangganya vertikal, sehingga tidak memiliki handle tangga. Railing tangga vertikal ini biasanya berupa besi atau kawat ukuran besar yang terhubung dari lantai bawah atau lantai tangga sampai ke langit-langit.

desain tangga industrial(Desain tangga dengan railing dari wire mesh berlubang besar. Sumber foto: happinessishomemade.net)
desain tangga industrial(Desain railing tangga dan besi pipih memanjang searah handle tangga. Sumber foto: swarta.com)

Desain dinding sekitar tangga

Untuk bangunan bergaya rustic-industrial, dinding sekitar tangga akan terlihat lebih keren kalau menggunakan dinding bata ekspos, bisa dengan membuka lapisan plasteran dinding atau memasang bata tempel. Bisa juga dengan membuat dinding berlapis kayu yang semakin menambah kesan rustic yang maskulin. Sementara untuk hiasan dinding yang bisa digunakan adalah poster-poster vintage yang jadul.

desain tangga modern(Desain dinding bata eskpos di sekitar tangga rustic-industrial. Sumber foto: hgtv.com)
desain tangga industrial(Desain dinding di sekitar tangga dilapisi dengan papan kayu sehingga terkesan lebih rustic. Sumber foto: houzz.com)

Selain gaya industrial, masih ada banyak sekali desain tangga untuk rumah minimalis yang bisa Anda terapkan di rumah baru atau untuk merenovasi rumah yang ada saat ini. Pastikan hanya menggunakan jasa desainer dan arsitek dari Rooang.com yang terpercaya.

2 COMMENTS