Reading Time: 4 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
jenis-palem-hias-4

Rooang.com | Halaman rumah sebaiknya digunakan untuk menanam berbagai jenis tumbuhan. Selain bisa membersihkan udara, tanaman juga memiliki efek positif bagi ketenangan pikiran. Di samping itu, adanya taman yang memiliki banyak tanaman indah juga bisa meningkatkan nilai jual properti, loh. Salah satu tanaman yang sering kita temui dan merupakan khas di taman-taman kota di Indonesia adalah pohon palem. Jenis palem hias ini pun bervariasi, bisa dipilih mana yang paling disukai.

jenis palem hias(Palem hias sangat cocok untuk halaman rumah bergaya tropis. Sumber foto: ideaonline.co.id)

Palem hias merupakan tanaman dengan perawatan sederhana. Ini karena palem merupakan tanaman tropis yang bisa tumbuh dengan sangat mudah di Indonesia. Selama mendapatkan pencahayaan dan air yang cukup, palem akan tumbuh dengan baik di halaman rumah Anda. Kalau Anda bingung mau pilih palem yang mana, kami berikan informasi tentang jenis palem hias untuk Anda.

Jenis palem hias #1 palem ekor tupai

Palem ekor tupai atau biasa disebut juga dengan foxtail palm memiliki lengkungan daun yang sangat cantik, menyerupai ekor tupai. Tulang daunnya melengkung diikuti daunnya yang mengelilingi tulang daun tersebut. Jenis ini sangat digemari dan bisa tumbuh sangat tinggi. Harga jualnya pun lebih mahal dari jenis palem lainnya. Bagi sebagian orang yang percaya, palem ekor tupai diyakini mampu mendatangkan rejeki dan kebijakan. Palem ekor tupai bisa sampai setinggi 7 meter.

jenis palem hias(Palem ekor tupai menghiasi halaman sebuah restoran. Sumber foto: floridagardener.com)

Jenis palem hias #2 palem kipas

Palem kipas memiliki daun yang nyaris bulat melingkar dan berlipat-lipat seperti kipas. Bagian tungkai daunnya berduri kecil sehingga tetap aman dipegang. Selain nama ‘palem kipas’, palem ini juga memiliki nama lain yaitu serdang, sadeng, dan sadang. Palem kipas tumbuh sangat lambat, sehingga akan tetap kecil untuk waktu yang lama. Anda bisa meletakkannya di pot sebagai hiasan teras rumah.

jenis palem hias(Palem kipas yang sudah mulai tumbuh tinggi. Sumber foot: tipspetani.com)

Jenis palem hias #3 palem botol

Palem botol adalah palem dengan batang pohon yang unik. Bentuknya gemuk lalu mengecil di bagian atas, seperti bentuk botol. Palem ini tidak terlalu tinggi, sehingga sangat cantik untuk menghias halaman rumah. Palem dari Mauritius ini terlihat sangat pas untuk taman tropis.

jenis palem hias(Palem botol sangat cocok sebagai tanaman hias di halaman rumah. Sumber foto: kebunbibit.id)

Jenis palem hias #4 palem putri

Palem putri memiliki batang yang membesar di bagian atas tapi mengecil di bagian bawah. Daunnya hampir sama dengan palem ekor tupai, tapi lebih sedikit. Palem putri yang sudah cukup tua akan berbuah dan buah tersebut menjuntai seperti perhiasan. Inilah mengapa tumbuhan tersebut dinamakan palem putri.

jenis palem hias(Palem putri memiliki buah yang menggantung seperti perhiasan. Sumber foto: bengkeltanaman.com)

Jenis palem hias #5 palem kuning

Palem kuning disebut juga palem gading, karena warnanya yang kuning terang dan menyerupai gading. Palem kuning dulunya berasal dari Amerika Selatan dan Madagaskar. Palem berukuran kecil dan ramping ini tidak seperti palem jenis lainnya. Pelepah daunnya menutupi batang yang beruas-ruas, sehingga batang pohon tidak terlihat dan seperti hanya daun-daun saja dari atas tanah. Cocok untuk diletakkan di pot yang besar.

jenis palem hias(Palem kuning tumbuh pendek diletakkan di dalam pot. Sumber foto: redio.in)

Jenis palem hias #6 palem merah

Ada palem kuning, ada juga palem merah. Banyak orang mengira tanaman ini diberi cat agar berwarna merah. Padahal, pelepah palem yang satu ini memang berwarna merah menyala. Palem merah asalnya dari Kalimantan dan merupakan tanaman yang tumbuh merumbun atau berkelompok. Tingginya bisa mencapai 14 meter. Jadi Anda harus rajin memangkasnya.

jenis palem hias

Jenis palem hias #7 palem raja

Palem raja sudah jarang ditanam di halaman rumah. Dinamakan palem raja karena palem jenis ini bisa tumbuh mencapai 20 meter. Palem ini cukup berbahaya karena sering jadi sasaran petir. Karena itu, palem ini sudah sangat jarang ditanam di pekarangan. Biasanya palem raja ditanam di tepi jalan raya.

jenis palem hias(Palem raja menghiasi taman kota di Karibia. Sumber foto: caribbean-plants.com)

Manakah palem hias yang Anda sukai? Sebelum merencanakan desain taman, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan ahli taman dan landscape dari Rooang.com. Solusi pasti untuk memiliki rumah idaman. Anda ingin memiliki taman di halaman samping yang sempit, desain halaman rumah asri, atau membuat stepping stone dari batu pebble, bisa mendapatkan solusinya di sini.