Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
kamar-tidur-seniman

Rooang.com | Van Gogh merupakan pelukis ternama dari Perancis. Lukisan-lukisannya yang gaya impresionis yang merupakan ciri utamanya. Di antara lukisannya yang paling ternama adalah lukisan yang menggambarkan kamarnya sendiri. Kamar ini sejatinya berada di Arles, Perancis. Lukisan kamar tersebut menggambarkan sebuah ruangan sederhana yang hanya berisi dipan, kursi, dan meja. Tapi bagaimana seandainya kamar tidur Seniman ini kembali dihadirkan di era modern? Tapi lebih menyerupai lukisannya dengan corak garis vertikal kasar khas Van Gogh.

kamar tidur seniman(Lukisan kamar tidur Van Gogh yang berlokasi di Arles, Perancis. Sumber foto: jackygallery.com)

Reinkarnasi kamar tidur seniman

Inilaih reinkarnasi kamar tidur sang Seniman legendaris dunia. Awalnya, komunitas seniman di Chicago mngadakan pameran lukisan Van Gogh. Van Gogh sendiri membuat lukisan kamarnya dalam 3 versi, yang seluruhnya hampir sama. Dalam ajang ini, untuk pertama kalinya ketiga lukisan Van Gogh tersebut berkumpul dalamĀ  pameran. Untuk merayakannya, para seniman di Chicago kemudian mencoba mewujudkan lukisan kamar itu dalam bentuk kamar yang sesungguhnya. Sejak lukisan tersebut dibuat pada 1888, inilah kali pertama kamar tersebut ada lagi di kehidupan nyata.

kamar tidur seniman(Sebuah kamar tidur yang dicat persis menyerupai lukisan Van Gogh. Sumber foto: boredpanda.com)

Kamar tidur seniman yang ‘nyeni’

Tentu akan terasa sangat biasa kalau kamar hanya dibuat seadanya seperti bentuk aslinya dulu. Anggota komunitas seniman di Chicago memiliki ide untuk menciptakan kamar yang benar-benar mirip dengan lukisan Van Gogh. Dengan begitu, mereka yang tidur di dalamnya akan merasa sedang berada di alam seni yang tidak nyata.

kamar tidur seniman (Setiap detail ruangan dibuat semirip mungkin dengan lukisan, termasuk cara mengecat dinding dan pintu. Sumber foto: boredpanda.com)

Seperti lukisan aslinya, kamar tidur ini juga dibuat bergat post-impresionis. Para seniman tidak membuat kamar tidur biasa dengan cat yang mulus, tapi benar-benar mirip dengan lukisan Van Gogh. Dinding dengan warna cat yang kasar, lantai dengan warna hijau yang mulai kusam kombinasi warna coklat, dan bahkan jendela yang berwarna kehijauan. Tidak cukup sampai di situ, teko dan cangkir untuk minum pun dicat mirip sekali seperti yang ada pada lukisan The Bedroom.

kamar tidur seniman(Cara peletakan perkakas pun dibuat sangat mirip. Bahkan jendela dan furniturnya juga dicat bergaya post-impressionis. Sumber foto: boredpanda.com

Disewakan, loh!

Yang lebih seru lagi, kamar tidur ini ternyata disewakan melalui situs AirBnb. Hanya dengan membayar beberapa dolar, Anda bisa tidur dan merasakan seperti apa menjadi seniman yang sangat dikagumi ini. Kamar tidur Van Gogh mungkin bukan kamar tidur mewah yang sering menjadi idaman banyak orang. Tapi kamar tidur unik ini memiliki nilai seni yang tinggi dan tidak akan Anda temukan di manapun. Apalagi, menciptakan motif persis menyerupai apa yang dilukis tentu bukan hal yang mudah. Dibutuhkan selera seni untuk membuatnya.

kamar tidur seniman(Kamar tidur bergaya unik ini disewakan di salah satu situs BnB. Sumber foto: boredpanda.com)

Kamar tidur seperti ini bisa jadi belum ada sama sekali di Indonesia. Anda bisa menjadi orang pertama yang mendekorasi kamar tidur dengan skema warna unik seperti ini. Pastinya, rencanakan desain interior dengan pakar home-improvement di Rooang.com terlebih dahulu, agar hasilnya tidak mengecewakan.