Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
merawat-dinding-bata-ekspos-4

Rooang.com | Dinding bata ekspos merupakan salah satu cara untuk menampilkan nuansa vintage dan industrial ke dalam interior maupun eksterior. Dinding bata ekspos memiliki karakter yang sangat kuar. Dinding ini bisa dibuat di seluruh ruangan atau hanya menjadi dinding aksen yang menarik perhatian. Ada banyak cara untuk membuat dinding bata ekspos. Namun, bata ekspos asli tentu lebih alami dan berkarakter. Tapi, merawat dinding bata ekspos tidak semudah merawat dinding biasa.

merawat dinding bata ekspos(Dinding bata ekspos yang dirawat akan terhindar dari keropos dan lapuk. Sumber foto: home-designing.com)

Dinding bata ekspos memiliki kelemahan antara lain tidak dilindungi oleh cat dan plasteran. Kondisi ini membuat mortar bisa cepat keropos dan menggerogoti struktur bangunan. Kalau sampai dinding rusak parah, rumah bisa roboh. Karena itu, Anda yang memiliki dinding bata ekspos di rumah wajib berhati-hati dan memberikan perawatan ekstra.

Merawat dinding bata ekspos dengan nat ubin

Nat ubin berfungsi untuk merekatkan sekaligus menjaga agar tidak ada air yang masuk. Anda sebaiknya memanfaatkan nat untuk mengisi celah-celah dinding bata untuk melindunginya dari kelembapan. Untuk memperindah tampilan, berikan nat dengan warna berbeda dari warna bata, tapi tetap serasi. Nat ini juga akan memunculkan efek warna yang dramatis dan membuat dinding bata ekspos lebih indah.

merawat dinding bata ekspos(Nat membuat tampilan dinding bata ekspos lebih rapi. Sumber foto: decoist.com)

Merawat dinding bata ekspos dengan sealer

Dinding bata ekspos sendiri sudah merupakan bagian dari seni di dalam rumah. Untuk menjaganya tetap terawat dan mencegah dinding keropos, sebaiknya Anda menggunakan sealer. Sealer adalah pelapis yang melindungi dinding bata ekspos agar tidak mudah rusak, terkena debu, maupun menyerap air. Sealer diperlukan karena dinding bata ekspos lebih rawan mengalami kerusakan dibandingkan dinding yang dipalisi plasteran dan cat. Untuk menciptakan tampilan yang lebih menawan, modern, dan tidak terkesan lusuh, pilih sealer dengan glossy-finish-look yang akan menghasilkan kilap dinding seperti dicat. Sealer yang tidak glossy juga tetap akan melindungi dinding dari bakteri dan pengeroposan. Sealer tanpa glossy menjaga tampilan dinding bata ekspos yang lebih natural dan cocok untuk desain interior tertentu.

merawat dinding bata ekspos(Dinding bata ekspos dengan sealer glossy terlihat lebih mewah. Sumber foto: decoist.com)

Membersihkan dan merawat dinding bata ekspos

Sebelum dilapisi selaer, sebaiknya dinding dibersihkan terlebih dahulu. Gunakan campuran air dan cuka untuk membantu membersihkan dinding. Campuran air dan cuka disemprotkan ke seluruh permukaan sedikit saja (jangan terlalu basah), lalu lap dengan handuk bersih. Kemudian, lakukan scrubbing dengan sikat berbulu kasar ke bagian tertentu yang noda tanahnya sulit dihilangkan. Sebelum melakukan proses ini, sebaiknya coba dulu di bagian yang tidak mencolok/terlihat, untuk memastikan bahwa dinding tidak keropos.

merawat dinding bata ekspos(Dinding bata ekspos yang sudah dibersihkan lebih mudah dicat. Sumber foto: proluxcleaning.uk)

Merawat dinding bata ekspos dengan mengecat

Mengecat bukan hanya akan mengubah tampilan warna, tapi juga meningkatkan perlindungan pada dinding bata ekspos. Pengecatan dinding bata ekspos bisa disesuaikan dengan konsep interior. Misalnya warna merah kehitaman untuk interior gaya punk, warna putih untuk interior Skandinavia atau shabby chic, warna coklat beige untuk rumah bergaya klasik. Bisa juga dicat secara lebih artistik sehingga seolah terdapat bekas plasteran dan cat. Dinding seperti ini cocok untuk konsep interior industrial atau rumah vintage.

merawat dinding bata ekspos(Dinding bata ekspos dengan teknik pengecatan khusus menampilkan efek bekas plasteran. Sumber foto: justinteriorideas.com)

Merawat dinding bata ekspos tidak sulit kan, kalau Anda paham caranya? Untuk desain interior dengan dinding bata ekspos ini, serahkan dengan ahlinya di Rooang.com.