Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
perawatan-furnitur-besi

Rooang.com | Perawatan furnitur kayu tentu berbeda dengan merawat furnitur rotan. Begitu juga merawat furnitur outdoor berbeda dengan merawat furnitur indoor. Cara perawatan furnitur yang paling penting untuk diperhatikan adalah materialnya. Perawatan furnitur metal juga harus dilakukan dengan hati-hati, terutama furnitur besi, karena material ini mudah sekali berkarat.

perawatan furnitur metal(Perawatan furnitur harus disesuaikan kondisi dan materialnya. Sumber foto: hgtv.com)

Untuk Anda yang memiliki furnitur dengan material logam, simak bagaimana cara mudah untuk mencegah timbulnya karat dan kerusakan pada furnitur ini.

Perawatan furnitur metal alumunium

Alumunium merupakan material yang baik untuk furnitur outdoor. Tidak mudah lapuk, tidak kotor, dan tidak berkarat. Furnitur alumunium yang berkualitas bisa awet sampai puluhan tahun, dan perawatannya pun mudah sekali. Bahan ini juga sangat kuat dan penampilannya pun tidak kalah menarik.

perawatan futnitur aluminium(Furnitur besi di restoran outdoor wajib sering dirawat. Sumber foto: merlin-industrial.co.uk)

Cara merawat furnitur alumunium sangatlah mudah. Anda cukup mengelapnya dengan lap yang lembut. Pembersihan total untuk menghilangkan kotoran dan minyak sebaiknya menggunakan sabun yang ringan dan air hangat. Pembersihan ini sebaiknya dilakukan minimal sebulan sekali atau setiap ada bagian yang kotor karena tersiram kotoran tertentu, misalnya tumpahan makanan. Pelapisan dengan automobile wax yang biasanya digunakan pada mobil juga akan menambah keindahan dan daya tahan furnitur alumunium. Sebisa mungkin, hindarkan furnitur alumunium dari kelembaban maupun panas berlebih. Jangan mencuci menggunakan sabun yang mengandung zat kimia keras dan menceburkannya ke dalam kolam.

desain furnitur aluminium(Furnitur aluminium dengan desain unik, sayang kalau tidak dirawat dengan baik. Sumber foto: fr.aliexpress.com)

Untuk permukaan furnitur yang bertekstur, secara berkala oleskan minyak bayi atau mineral oil. Untuk noda yang sudah sangat parah, Anda perlu mengamplasnya dan mengecat ulang untuk menjaga keindahan furnitur. Untuk menghindari pudarnya warna alumunium, segera bersihkan setiap noda yang menempel agar tidak menyerap.

Perawatan furnitur metal besi

Furnitur besi ada yang berupa furnitur dengan frame besi, ada juga yang furnitur besi tempa. Besi tempa adalah besi murni yang kemudian dipadukan dengan material sejenis kaca, untuk kebutuhan industri furnitur. Apapun jenisnya, merawat furnitur besi tempa ini harus berhati-hati. Perawatan furnitur metal ini harus menggunakan air sabun yang hangat. Kalau ada kerusakan cat dan pengelupasan, mesti segera dicat kembali untuk mencegah timbulnya karat. Untuk menjaga kilau dan permukaan furnitur yang non-tekstur, sebaiknya menggunakan wax mobil. Sebulan sekali, olesi dengan minyal mineral atau minyak bayi untuk menjaganya tetap mengkilap. Material ini sangat rentan pada lotion dan zat serangga. Karenanya, segera bersihkan furnitur besi Anda jika terkena noda dari kedua bahan yang mengandung zat kimia tersebut.

perawatan frunitur metal(Furnitur berkaki besi wajib dipoles dengan minyak secara rutin untuk menjaga kondisi dan kilaunya. Sumber foto: forget-me-knot.co.uk)

Tidak sulit bukan, melakukan perawatan pada furnitur metal di rumah? Selama Anda rutin merawatnya, tidak perlu lagi risau karena furnitur rusak dan harus beli baru. Tapi sebelum memilih furnitur, sebaiknya konsultasikan desain interior rumah Anda kepada para home-professional yang ada di Rooang.com, solusinya semua masalah rumah Anda.

perawatan furnitur besi(Dengan perawatan yang baik, furnitur industrial yang mahal akan tertap terjaga keindahannya. Sumber foto: rilane.com)