Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
rail-corridor-2

Rooang.com | Pemerintah Singapura kini tengah disibukkan dengan rencana pembangunan koridor hijau di sepanjang jalur bekas rel. Pembangunan koridor hijau yang masih dalam tahap survey kelayakan ini rencananya juga akan dibangun pertanian perkotaan (urban farms) dan arena panjat tebing (rock climbing). Wow, seperti apa rencana pembangunan koridor ini? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

(Desain ruang publik di jalur bekas rel Singapura. Sumber foto: techinsider.io)

Pernahkah Anda mengunjungi Singapura? Jika ya, pasti Anda akan berdecak kagum dengan penataan kotanya. Padahal, luas negara nya tidak lebih besar dari pulau Jawa. Namun, negara ini memiliki kekuatan ekonomi yang kuat sehingga mampu memberikan fasilitas perkotaan yang baik.

Di salah satu sisi negara Singapura, terdapat jalur rel kereta yang sudah lama tidak difungsikan. Sebab, lebih dari 10 tahun yang lalu negara tersebut telah menggunakan jalur kereta cepat bawah tanah dan juga melayang di atas dengan tiang pancang.

Jalur kereta yang sudah lama tidak difungsikan ini kemudian menjadi area yang ‘terlupakan’ dan tidak terjamah. Jalur bekas rel kereta ini dapat menghubungkan Singapura dengan negara tetangganya, Malaysia.

Saat ini, pemerintah setempat tengah mendesain kembali area tersebut menjadi ruang publik multi-purposed, termasuk akan ada dinding panjat di bawah jalan tol.

“This is an excellent opportunity  to transform the Corridor into a very special community space that is more than just a park,” Humphrey Sew, juru bicaraUrban Redevelopment Authority (URA) Singapura.

(Konsep sebuah dinding panjat di Koridor Hijau sebagai ruang publik multi-purposed. Sumber foto: techinsider.io)

Rancangan ruang publik ini akan memiliki jalur khusus pesepeda dan pejalan kaki dengan 8 spot aktivitas yang berbeda, diantaranya area yoga, area urban farming, area flora dan fauna, serta area olahraga lainnya. Koridor ini akan terhubung pada sekitar 100 jalan di Singapura. Jadi, akan sangat mudah dijangkau oleh masyarakat.

(Koridor Hijau yang memberikan berbagai macam fasilitas. Sumber foto: techinsider.io)

(Ruang publik sebagai ruang berkumpul masyarakat. Sumber foto: techinsider.io)