Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
tips-membeli-kasur

Rooang.com | Tidur adalah aktivitas yang penting untuk menjaga kesehatan. Karenanya, pemilihan kasur pun tidak boleh sembarangan. Survei mengatakan 9 dari 10 orang setuju bahwa kasur yang baik akan meningkatkan kualitas tidur kita. Nah, patokan ‘kasur yang baik’ inilah yang masih menjadi kontroversi. Apakah kasur Anda di rumah sudah memenuhi kebutuhan dan kriteria kasur yang baik? Daripada memerdebatkan hal ini, sebaiknya Anda perhatikan tips membeli kasur agar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

tips membeli kasur(Kasur harus dipilih dengan tepat sesuai kenyamanan. Sumber foto: walmart.com)

Tips membeli kasur yang tepat

Tips membeli kasur #1 hal yang perlu diketahui sebelum membeli

Rata-rata manusia menghabiskan sepertiga waktunya selama hidup untuk tidur. Kalau tidur kita kurang, maka akan berdampak pada kesehatan tubuh maupun pikiran. Sebagian mengalami perubahan suasana hati yang buruk, sementara lainnya mengalami metabolisme yang renda dan daya tahan berkurang. Untuk menghindari efek buruk tersebut, pastikan kasur yang digunakan bisa mendukung agar tidur Anda nyaman. Terutama untuk para wanita, kasur yang tepat bisa mengurangi tingkat stress dan depresi.

tips memilih kasur(Kasur sangat penting bagi kesehatan tubuh. Sumber foto: homogenius.com.au)

Tips membeli kasur #2 kriteria kasur nyaman

Masalahnya, perkara kasur adalah hal yang sangat subjektif. Kasur yang nyaman bagi sebagian orang belum tentu nyaman buat yang lain. Belum lagi banyaknya hasil penelitian yang menunjukkan hasil saling berseberangan. Misalnya ada yang mengatakan bahwa kasur spon bisa menimbulkan sakit punggung, sementara penelitian lain justru menyatakan bahwa kasur coil yang sangat mahal itu juga beresiko mengakibatkan sakit punggung. Karenanya, kenyamanan menggunakan kasur kembali pada masing-masing pengguna.

tips membeli kasur

 

Tips membeli kasur #3 langkah-langkah pembelian

Perhatikan hal ini saat Anda hendak membeli kasur.

  1. Kasur sebaiknya diganti setelah 8 tahun, karena lebih dari itu maka kualitas kasur sudah berkurang dan tidak baik jika digunakan. Atau saat Anda merasa kasur sudah mulai rusak dan membuat punggung sakit, maka saat itulah Anda perlu membeli kasur baru.
  2. Jadikan kenyamanan sebagai tujuan utama. Karena itu, cobalah kasur yang akan dibeli paling tidak selama 20 menit dengan posisi tidur senyaman mungkin. Hindari membeli kalau tidak boleh mencoba kasurnya.
  3. Pilih kasur yang ketat, yang tidak melengkung saat badan kita tidur di atasnya. Beberapa produsen membuat kasur yang permukaannya akan melengkung mengikuti bentuk tubuh. Menurut sejumlah penelitian, kasur mahal ini justru tidak baik untuk punggung karena bisa menimbulkan rasa sakit.
  4. Kalau bisa dan dana Anda mencukupi, pilihlah kasur yang tidak mudah terbakar.
  5. Abaikan merk kasur, karena kasur mahal dari merk terkenal belum tentu cocok untuk Anda.
  6. Kasur tebal dan besar belum tentu nyaman dipakai. Jadi, jangan tergiur hanya dengan melihat ketebalan dan permukaannya yang tampak mewah. Anda tetap harus mencobanya.
  7. Perhatikan material yang digunakan, terutama kalau Anda penderita alergi pada bakteri tertentu.
  8. Kasur yang nyaman tidak dating begitu saja. Selama beberapa hari, kasur yang baru dibeli mungkin akan terasa kurang nyaman. Tapi setelah beberapa waktu, kasur itu akan jadi tempat favorit Anda.
tips membeli kasur(Kasur harus dicoba selama 20 menit dengan posisi tidur paling nyaman. Sumber foto: telegraph.co.uk)
tips membeli kasur(Kasur yang baik tidak mudah melengkung. Sumber foto: citymattresses.com)

Kalau kasur yang dipakai nyaman, maka kesehatan kita juga akan terjaga. Begitu juga kalau kita memahami trik membeli furniture dengan benar, maka kita akan merasa nyaman di rumah. Namun jika Anda masih bimbang hendak mendekorasi rumah seperti apa, jangan ragu berkonsultasi dengan para interior designer professional dari Rooang.com.