Reading Time: 4 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
tips-rumah-bersih-1

Rooang.com | Apalah gunanya rumah indah, membayar mahal arsitek dan interior designer, penggunaan material terbaik dan termahal, kalau ujung-ujungnya rumah tidak nyaman ditinggali? Banyak sekali faktor kenyamanan hidup di rumah selain desain bangunan itu sendiri. Salah satu yang sangat penting adalah masalah kebersihan. Mau sebesar apapun rumahnya, sekeren apapun tatanan interior di dalamnya, semegah dan secanggih apapun furniturnya, tetap akan kelihatan jelek kalau rumah tersebut kotor. Membersihkan rumah merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan setiap hari. Bukan hanya mengepel, tapi juga bersih-bersih bagian lainnya. Di tips rumah bersih ini, setidaknya ada 7 bagian yang harus Anda bersihkan setiap hari. Ya, setiap hari.

tips rumah bersih(Membersihkan semua bagian rumah harus dilakukan setiap hari. Sumber foto: cleaning myrtlebeach.com)

7 tips rumah bersih

Tips rumah bersih #1 Serbet

Menurut penelitian di sebuah universitas di Amerika Serikat, serbet adalah benda yang paling kotor dan paling mudah kotor. Serbet wajib diganti paling tidak 2 hari sekali, atau bahkan sehari sekali kalau ada banyak penghuni di rumah. Serbet biasa digunakan untuk membersihkan perlengkapan dapur, sehingga kuman sangat mudah bersarang. Dengan membersihkan perkakas dapur menggunakan serbet kotor, maka kebersihan rumah Anda sudha tidak terjaga.

tips rumah bersih(Serbet merupakan benda paling kotor yang wajib diganti setiap hari. Sumber foto: aliexpress.com)

Tips rumah bersih #2 Meja dapur

Banyak benda diletakkan di meja dapur. Tidak hanya peralatan memasak dan bumbu dapur, tapi juga benda lain seperti uang, ponsel, kantong sampah saat mengupas bahan masakan, dan banyak lagi. Yakin dapur Anda sudah bersih? Meja dapur perlu dibersihkan setiap hari dengan cairan pembersih dan lap yang bersih. Jangan gunakan serbet atau spon yang digunakan untuk membersihkan kompor atau benda lainnya, karena ini malah akan menyebarkan kuman dari tempat yang lain.

tips rumah bersih(Meja dapur sebagai salah satu sarang kuman wajib dibersihkan tiap hari. Sumber foto: thecathedralcenter.org)

Tips rumah bersih #3 Dinding kamar mandi

Anda terbiasa membersihkan dinding kamar mandi seminggu sekali? Ubah pola dan jadwal ini menjadi sekali sehari, alias setiap hari. Dinding kamar mandi terkena cipratan kotoran dari tubuh setiap hari. Bahkan bisa jadi cipratan saat Anda buang air kecil. Karenanya, dinding ini perlu dibersihkan dengan larutan pembersih kamar mandi setiap hari. Selain menghilangkan bau, juga mencegah timbulnya kotoran yang berkerak dan susah dihilangkan.

tips rumah bersih(Dinding kamar mandi yang tidak dibersihkan setiap hari akan menimbulkan warna kusam dan kerak noda. Sumber foto: furnishburnish.com)

Tips rumah bersih #4 Wastafel

Semua wastafel, baik wastafel untuk cuci piring, wastafel untuk cuci tangan, maupun wastafel cuci muka di kamar mandi, wajib dibersihkan dan dikosok setiap hari. Jangan menunggu sampai noda terlihat jelas atau keramiknya berubah warna dan licin, ya. Membersihkan wastafel tidak cukup hanya dengan menyiramnya saja. Wastafel harus dibersihkan dengan spon dan cairan pembersih. Bisa juga dengan larutan cuka, baking soda, atau perasan lemon. Pastikan Anda tidak hanya membersihkan baknya, tapi juga keran dan area sekitarnya.

tips rumah bersih(Wastafel tidak cukup hanya dibersihkan dengan disiram air saja. Sumber foto: today.com)

Tips rumah bersih #5 Peralatan makan

Jangan tinggalkan piring, gelas, dan sendok-garpu dalam keadaan kotor. Selain menimbulkan kuman dan kotoran berkerak, juga menghasilkan bau yang sangat tidak sedap. Segera cuci peralatan makan dan alat masak setiap malam, agar udara pagi di rumah terasa lebih bersih dan segar. Dengan langsung mencuci alat masak dan alat makan, rumah juga terbebas dari serangga dan tikus.

tips rumah bersih(Peralatan makan yang tidak segera dicuci akan menimbulkan bau, penumpukan kotoran, dan binatang kotor. Sumber foto: universe.byu.edu)

Tips rumah bersih #6 Pembuat kopi

Mesin pembuat kopi dan penggiling kopi sebaiknya langsung dibersihkan setelah dipakai. Alat ini akan menyisakan minyak biji kopi jika tidak dibersihkan dengan benar. Cara membersihkan perkakas rumah dengan bahan alami sebaiknya Anda pertimbangkan, misalnya menggunakan beras untuk membersihkan alat pembuat kopi ini.

Tips rumah bersih #7 Lantai

Tidak dipungkiri bahwa sesekali kita menjatuhkan sesuatu yang membuat lantai kotor, misalnya snack, minuman, kuah makanan, bumbu dapur cair, lumpur di sepatu, dan lain-lain. Kotoran ini bisa terserap, utamanya jika latai berbahan granit. Sangat disarankan untuk langsung membersihkan lantai segera setelah kotoran menempel. Kotoran yang melekat di lantai bisa mengundang serangga dan binatang pengganggu lainnya.

Sudahkah Anda membersihkan ketujuh komponen di atas hari ini? Atau malah masih mempertimbangkan desain rumah yang tepat? Jangan khawatir, buat desain rumah terbaik Anda dengan para home-professional dari Rooang.com.