Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
memilih-cat-kayu-2

Rooang.com | Kayu adalah material yang sensitif dan membutuhkan perawatan ekstra. Kalau tidak berhati-hati, maka perabot kayu di rumah bisa cepat lapuk dan rusak. Salah satu cara untuk menjaga kualitas perabot kayu adalah dengan mengecatnya. Tapi, sudahkah Anda mengetahui cara memilih cat kayu dengan benar? Atau, Anda masih ragu untuk memilih cat kayu seperti apa? Jangan khawatir, redaksi kami sudah menyiapkan semua informasi untuk Anda.

memilih cat kayu(Cat kayu berguna tidak hanya untuk furnitur, tetapi juga perabot lain berbahan kayu. Sumber foto: joeandcheryl.com)

Cara memilih cat kayu perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan tampilan yang ingin dihasilkan. Berikut ini tips memilih cat kayu dengan tepat.

Memilih cat kayu dari jenis perabot

Apa yang akan Anda cat? Apakah pagar rumah, furnitur, tiang penyangga, pintu dan jendela, lantai, ataukah aksesoris rumah? Masing-masing perabot memiliki fungsinya sendiri-sendiri, sehingga pemilihan cat harus sesuai dengan fungsinya. Misalnya cat untuk lantai kayu tentu disesuaikan dengan aktivitas kaki yang terus menggesek kayu tersebut. Berbeda dengan cat furnitur yang tidak terkena gesekan berkali-kali.

memilih cat kayu(Cat kayu untuk lantai berbeda dengan cat kayu untuk furnitur. Sumber foto: tuzzor.com)

Memilih cat kayu berdasarkan tingkat transparansi

Berdasarkan tingkat ketebalan warnanya, cat kayu dibedakan menjadi 2, yaitu cat warna solid dan cat pelitur transparan. Cat solid menutup sempurna motif kayu, sehingga serat-serat kayu tidak terlihat. Cat ini sangat berguna untuk menutupi motif alami kayu yang jelek dan cacat, misalnya ada bekas paku atau retak. Sedangkan cat pelitur transparan cocok untuk mengekspos serat alami kayu yang sangat indah. Cat solid cocok digunakan untuk rumah bergaya klasik modern dan minimalis. Sedangkan cat pelitur transparan cocok untuk rumah bergaya etnik dan industrial.

cara memilih cat kayu(Cat kayu pelitur transparan untuk furnitur kayu yang memiliki motif serat menarik. Sumber foto: backtobosnia.com)
memilih cat kayu(Cat solid digunakan untuk mengecat permukaan kayu yang cacat atau tidak menarik. Sumber foto: trendy-products.co.uk)

Memilih cat kayu dari cara aplikasinya

Permukaan kayu dan perabot Anda tentu memiliki karakter yang berbeda. Untuk perabot kayu dengan banyak sekali ukiran, seperti pintu berukir dan gebyok, gunakan cat kayu yang bisa diaplikasikan dengan penyemprotan. Sementara untuk permukaan yang rata, pilih cat kayu apa saja yang bisa diaplikasikan dengan kuas. Jika tidak memiliki alat untuk menyemprot cat, pastikan Anda memilih furnitur dengan tampilan yang minimalis.

memilih cat kayu(Untuk permukaan yang datar dan minim detail, gunakan cat yang bisa diaplikasikan dengan kuas. Sumber foto: rojalinvest.com.mk)

Memilih warna cat kayu

Pilih warna cat kayu sesuai konsep rumah Anda dan jenis ruangannya. Selalu lakukan uji coba warna sebelum mengaplikasikannya ke semua bagian. Gunakan batang kayu tak terpakai untuk melakukan pengetesan warna ini. Sehingga Anda tidak menyesal memilih warna. Selain itu, pilih warna yang sesuai dengan kondisi rumah. Misalnya untuk ruangan dengan minim cahaya matahari, sebaiknya menghindari penggunaan cat furnitur warna gelap.

memilih cat kayu 5(Aneka warna cat kayu, pilih yang sesuai dengan konsep desain interior dan eksterior. Sumber foto: diy.com)

Sebelum memilih cat, matangkan dulu konsep interior dan eksterior Anda. Dengan begitu, rumah akan terlihat serasi dan lebih indah. Konsultasikan masalah rumah pada home-professional dari Rooang.com, untuk mendapatkan semua solusinya.