Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
12

Rooang.com | Pintu merupakan titik perantara yang dapat membawa kita dari satu ruang ke ruang yang lain. Keberadaan pintu sangat esensial dalam sebuah rumah. Selama ini bentuk, jenis, dan desain pintu yang umumnya kita ketahui seperti itu-itu saja. Berbentuk persegi panjang, jenisnya pintu bukaan biasa, pintu lipat, dan pintu geser. Tapi tidak untuk orang-orang kreatif yang memiliki segudang ide untuk mengembangkan desain pintu yang unik dan multifungsi yang mungkin bisa jadi inspirasi bagi Anda.

Desain Pintu Ping Pong karya Tobias Fräenzel

Pintu keren dan multifungi ini cocok untuk anak Anda yang gemar berolahraga. Pintu ping pong ini dirancang pertama kali oleh Tobias Fräenzel. Tinggal balik saja pintunya 90 derajat dan meja ping pong sudah siap untuk dimainkan. Dan setelah selesai, balikkan lagi dan meja pun kembali berfungsi sebagai pintu.

(Pintu yang multifungsi karena bisa dijadikan papan ping pong. Sumber foto: tobiasfraenzel.com)

Pintu Desain Tirai karya Matharoo Associates

Pintu yang dibuat oleh Matharoo Associates ini diperuntukkan untuk seorang saudagar berlian di India. Desain pintu dengan tinggi mencapai 17 meter dan lebar 5,5 meter, terdiri dari 40 bagian kayu solid jati Burma. Setiap bagana dapat berputar berkat rangkaian beberapa mesin yang cukup kompleks. Poros tunggal pintu yang tersembunyi berfungsi sebagai penyeimbang, serta terdapat 80 bantalan bola, dan 160 katrol. Setiap kali Anda membuka pintu, papan kayu solid akan secara bertahap menjauh untuk menyambut Anda.

(Pintu Desain Tirai karya Marathoo Associates. Sumber foto: feeldesain.com)

Shattering Door karya Leandro Erlich

Pintu yang didesain menyerupai kayu yang retak-retak ini didesain oleh seorang seniman Argentina, Leandro Erlich. Desain pintu yang dinamai Shattering Door ini pernah dipamerkan pada Galeri Luciana Brito di São Paulo, Brazil.

(Desain pintu “pecah” ala Leandro Erlich. Sumber foto: penccil.com)

Pintu Revolusioner dan Ramah Lingkungan

Nama revolusioner yang disandang pintu ini tampaknya tidak berlebihan. Pintu yang dirancang Fluxxlab dari New York ini bekerja layaknya turbin yang dapat berputar, dan dapat menghasilkan energi. Pintu ini mampu mengkonversi gerakan memutar menjadi energi listrik secara efisien. Jika diputar-putar terus, kita tak perlu membayar tagihan listrik mungkin, ya?

(Desain pintu revolusioner yang dapat menghasilkan energi listrik dari energi kinetik yang ditimbulkan. Sumber foto: gizmodo.com)

Evolution Door karya Klemens Torggler

Telah lebih dari satu dekade desainer asal Austria, Klemens Torggler, bekerja ekstra mencari konsep pintu yang tidak biasa. Hingga akhirnya Ia menciptakan Evulution Door dengan desain yang luar biasa unik.

Pada umumnya, pintu memiliki engsel pada satu sisi dan cara memfungsikannya adalah dengan menariknya keluar, mendorong ke dalam, maupun menggesernya. Tapi pintu satu ini tidak. Pintu ini dapat melipat dirinya saat Anda ingin membukanya.

(Evolution Door bisa ‘dilipat’ seperti origami. Sumber foto: shazzarazza.com)

Pintu Sembunyi

Pintu yang tersembunyi bukanlah hal yang baru dijumpai. Desain pintu yang tersembunyi tak ayal membuat yang melihat merasa takjub dan terkejut. Disini keahlian dan kreatifitas desainer pintu, diuji.

(Pintu sembunyi ini dapat menyembunyikan keberadaan ruangan. Sumber foto: pinterest.com)

Pintu Otomatis dari ETAF

Tak peduli seberapa ukurannya, pintu otomatis dari ETAF akan selalu terbuka dengan persis. Desain pintu seperti pintu yang ada di pesawat ruang angkasa.

(Pintu otomatis yang terbuka sesuai dengan ukuran objek yang melewatinya. Sumber foto: hometone.com)

Dutch Door 3 Bagian

Pintu yang terbagi menjadi 2, atau biasa dikenal dengan Dutch Door, sudah sering kita lihat. Namun desain pintu Dutch Door dengan 3 bagian akan lebih disukai anak-anak.

(Dutch Door 3 bagian dengan desain yang lucu dan unik. Sumber foto: moscowsad.ru)