Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
rumah-kayu-mini-3

Rooang.com | Pernahkah Anda merasa jenuh dengan rutinitas setiap hari? Tinggal di kota besar membuat kita setiap hari harus bangun pagi, berangkat ke kantor bahkan saat matahari belum benar-benar muncul, menghadapi tekanan di tempat kerja, rapat, deadline, lalu pulang dan sampai rumah setelah petang menjelang. Yang kesehariannya seperti ini mutlak butuh menghibur diri, dan rumah kayu mini bisa jadi solusi.

rumah kayu mini(Rumah kayu berukuran mungil sebagai tempat liburan. Sumber foto: treehugger.com)

Liburan di rumah kayu mini adalah ide seorang mahasiswa Harvard University. Melihat banyaknya orang yang membutuhkan liburan murah tapi tetap nyaman, ia pun membangun rumah-rumah mini dari kayu yang diletakkan di dalam hutan tidak jauh dari Boston, Amerika Serikat. Intip yuk, seperti apa nyamannya interior rumah kayu ini.

Ide utama membuat rumah kayu mini adalah sebagai sarana liburan singkat selama akhir pekan. Seperti camping, tapi dengan fasilitas yang lebih nyaman dan lengkap.

Desain rumah kayu mini

Sesuai namanya, rumah kayu berukuran kecil ini dibuat dari kayu, termasuk untuk dinding, lantai, dan atapnya. Setiap rumah dilengkapi dengan dapur dan alat masak sederhana, kamar mandi, dan kamar tidur. Desain furnitur kompak digunakan untuk memaksimalkan pemakaian ruang. Misalnya kompor dan dapur di bawah tangga, nook untuk tempat tidur di antara rak buku dan jendela, atau tempat tidur di mezanine di atas kamar mandi.

rumah kayu mini(Penyimpanan dan dapur di bawah tangga untuk menghemat tempat. Sumber foto: mnn.com)

Rumah mini kayu tersebut tetap mempertahankan warna alami kayu. Area luar atau outdoor tidak didekorasi dengan taman bunga-bunga, kolam, ikan, dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk menjaga suasana alami. Semakin alami, maka otak akan semakin tenang dan nyaman beristirahat. Benar-benar menikmati alam dari rumah yang sederhana dan dibuat dari material alami.

rumah kayu mini(Konsep rumah tanpa sekat berguna untuk menghilangkan kesan sempit di dalamnya. sumber foto: tinyhouseliving.com)

Agar tidak terasa sempit, tentnya tidak ada sekat pembatas antar ruangan. Hanya kamar mandi yang disekat. Sumber listrik diperoleh dari panel surya. Jadi selain hemat tempat, berfungsi rekreasi, juga sangat ramah lingkungan.

Inspirasi rumah mungil dari rumah kayu mini

Ide membuat rumah kayu mini ini patut diapresiasi dan tentunya bisa dijadikan inspirasi. Bahwa rumah tidak perlu dibuat terlalu besar, apalagi kalau hanya tinggal berdua atau sendirian saja. Cukup rumah yang nyaman, tanpa terlalu banyak perabot, di tempat yang dekat dengan alam dan pepohonan. Ingin punya rumah yang seperti ini juga? Segera hubungi home-professional dari Rooang.com

rumah kayu mini(Warna kayu tetap alami untuk menjaga suasana dekat dan menyatu dengan alam. Sumber foto: tinyhouseblog.com)
rumah kayu mini(Halaman luas menyisakan banyak ruang untuk pohon. Sumber foto: techinsider.com)