Reading Time: 4 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
hgtv

Rooang.com | Setiap warna memiliki karakter yang unik. Warna ternyata juga memengaruhi suasan pikiran dan perasaan seseorang. Warna-warna tertentu bisa memberikan rasa tenang, sedangkan beberapa warna lainnya bisa meningkatkan nafsu makan. Pastikan Anda mmeilih warna yang tepat di setiap ruangan di rumah tercinta, karena pengaruh warna ternyata begitu besar.

pengaruh warna(Pemilihan warna harus dilakukan dengan cermat, karena setiap warna memiliki pengaruh yang berbeda pada suasana hati dan pikiran penghuni rumah. Sumber foto: hgtv.com)

Agar tidak salah dalam memilih warna untuk setiap ruangan, perhatikan karakter dan efek masing-masing warna berikut ini.

Pengaruh warna biru untuk pikiran dan rumah

Warna biru melambangkan ketenangan, kecerdasan atau intelejensi yang tinggi, serta kemampuan untuk melindungi. Warna ini terbukti memberikan dampak pada kecerdasan otak. Murid yang sering terlihat menggunakan warna biru memiliki hasil lebih baik saat ujian, daripada murid yang kurang banyak menggunakan warna biru.  Efek samping terlalu banyak menggunakan warna biru adalah membuat seseorang bersikap dingin dan tidak mudah diajak bergaul. Warna biru sangat cocok untuk kamar tidur dan kantor, atau ruang kerja di rumah. Kombinasikan warna biru ini dengan warna yang lebih hangat untuk menyeimbangkan suasana.

pengaruh warna(Ruang kerja dominasi warna biru dikombinasikan dengan warna oranye yang lebih hangat. Sumber foto: decoist.com)

Pengaruh warna hijau pada suasana rumah dan hati

Hijau merepresentasikan alam, keseimbangan, dan kemakmuran. Pengaruh warna ini adalah memberikan ketenangan pikiran. Bahkan konon warna hijau bisa menghalau datangnya mimpi buruk. Karenanya, warna hijau banyak dipakai di kamar tidur. Tapi jangan terlalu banyak menggunakan hijau di rumah, karena akan menimbulkan efek terlalu tenang, pendiam, malas, lambat/tidak cekatan, moody, depresi, dan lemah lesu.

pengaruh warna(Warna hijau di kamar tidur dikombinasikan dengan warna biru agar lebih bersemangat. Sumber foto: homedesignlover.com)

Pengaruh warna kuning pada interior dan diri Anda

Warna kuning melambangkan energi, semangat, kegembiraan, dan perhatian yang tinggi. Kuning merupakan warna terbaik untuk memicu antusiasme serta membangkitkan kepercayaan diri dan sikap optimis. Inilah mengapa kuning juga melambangkan kemakmuran. Tapi, jangan gunakan kuning untuk kamar tidur, terutama kamar tidur bayi. Warna kuning di kamar bisa menimbulkan stress dan membuat bayi mudah menangis. Anda pernah mengalaminya? Kuning sebaiknya digunakan untuk dapur atau kamar mandi.

pengaruh warna(Warna kuning yang cerah menjadi focal point di dapur dengan kombinasi warna hitam dan putih. Sumber foto: granitetransformations.com)

Pengaruh oranye pada diri Anda dan suasana rumah

Warna ini mencerminkan kehidupan sosial yang baik, selalu merasa aman dan tenteram, serta kehangatan. Oranye sering digunakan pada pusat-pusat kebugaran dan pakaian olahraga karena memiliki karakter aktif, berusaha hidup lebih baik, dan bersemangat. Sayangnya, warna ini juga identik dengan hal negatif, seperti warna seragam napi di beberapa negara dan warna api. Oranye sangat cocok untuk ruang makan dan ruang tamu.

pengaruh warna(Agar tidak terlalu mencolok, oranye dijadikan warna dinding aksen dalam ruangan yang menggunakan berbagai warna lainnya. Sumber foto: yacineaziz.com)

Pengaruh warna merah pada ruangan

Merah mewakili passion, optimisme, dan jiwa petualang. Warna penuh gairah ini meningkatkan kehangatan dalam percintaan, tapi terlalu sering dan terlalu banyak merah bisa menimbulkan bahaya. Setidaknya menurut Fengshui, warna merah berlebihan malah akan membuat percintaan kurang harmonis. Uniknya lagi, sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa pengemudi mobil warna merah ditengarai memiliki kebiasaan mengemudi yang jelek, kurang hati-hati, dan agresif. Kombinasikan warna merah di kamar dan ruang makan Anda. Komposisi yang tepat akan membuat Anda lebih nyaman.

pengaruh warna(Warna merah yang penuh semangat sangat cocok digunakan pada ruang makan. Sumber foto: housetohome.co.uk)

Warna merah muda pada diri dan rumah kita

Ada yang bilang warna pink adalah warna yang menye-menye, terlalu kekanakan dan menimbulkan kesan manja pada penyukanya. Padahal sebenarnya warna ini mewakili karakter manis, kelembutan, ketenangan, dan penuh cinta. Karena efek menenangkan yang dibawa, warna ini cocok untuk memerangi suasana kemarahan dan kekerasan. Sebuah penelitian di salah satu penjara USA menunjukkan bahwa interaksi dengan warna merah muda memicu pikiran yang lebih tenang pada para napinya. Sayangnya, penyuka warna ini sering dinilai manja, kurang rajin, dan tidak punya kemauan kuat. Warna merah muda sangat pas untuk dekorasi kamar tidur.

pengaruh warna(Warna merah muda pada aksesori kamar disandingkan dengan warna hitam dan putih untuk mengurangi kesan bulky dan menye-menye. Sumber foto: homedelightful.com)

Pengaruh warna ungu untuk rumah Anda

Ungu adalah warna yang mewakili jiwa-jiwa kreatif, spiritual, dan penuh misteri. Meskipun sering disebut sebagai warna janda, warna ini sering dikaitkan dengan ruang spiritual yang menghubungakn dunia di bumi dan surga. Warna ungu kerap dipakai oleh para ahli spiritual. Sayangnya, dalam beberapa hal warna ungu justru menunjukkan karakter depresi dan putus asa. Untuk Anda pecinta warna ini, penggunaannya yang paling tepat adalah pada kamar tidur atau kamar mandi.

pengaruh warna(Warna ungu digunakan pada kamar mandi bergaya modern minimalis. Sumber foto: stylanterier.com)

Perngaruh warna hitam dan abu-abu

Warna hitam atau abu-abu merepresentasikan sikap protektif, fomal, dan kuat. Warna hitam menunjukkan adanya kepercayaan diri yang tinggi, kemauan yang kuat, dan kekuasaan. Warna hitam dan abu-abu bisa digunakan di semua ruangan dengan dikombinasikan bersama warna-warna lainnya.

pengaruh warna(Warna abu-abu cocok untuk semua ruangan, termasuk balkon. Sumber foto: ikea.com)

Bagaimana? Sudahkah Anda memilih warna yang tepat di setiap ruangan? Jika belum, segera hubungi home-professional untuk membantu Anda memliki desain interior yang menakjubkan.