Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
victory-eu-org

Rooang.com | Kalau orang mau buat rumah dan ditanya soal pagar seperti apa yang diinginkan nanti, mungkin sebagian besar akan menjawab pagar beton, pagar besi yang klasik atau minimalis, atau pagar metal lasser cutting. Padahal, pagar dari material alami seperti pagar tanaman juga tidak kalah menarik. Begitu juga pagar bambu, yang sekarang ini makin dipinggirkan. Perlu Anda ketahui, bahwa pagar bambu pun bisa sangat menarik jika didesain dengan apik. Yang Anda butuhkan hanyalah inspirasi desain pagar bambu yang kekinian, sehingga cocok untuk rumah modern dan konsep rumah Anda.

inspirasi pagar bambu(Pagar bambu sudah mulai ditinggalkan selama beberapa tahun belakangan karena dinilai sudah kuno dan tidak menarik. Sumber foto: tophomedecor.com)

Kelebihan dan kekurangan pagar bambu

Sebelum Anda memilih pagar bambu, tentu Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan material bambu itu sendiri. Dibandingkan kayu, bambu adalah bahan yang lebih murah, mudah didapat, dan ramah lingkungan. Motifnya pun menarik. Sayangnya, material ini kurang awet dan relatif mudah lapuk. Untuk itu, pilih bambu dengan usia yang tua, sehingga pohonnya lebih kuat dan awet. Gunakan sealer pelindung material ini, agar tidak mudah rusak dimakan rayap dan cuaca.

Nah kalau sudah memahami kelebihan dan kekurangan, serta cara menyiasati kekurangannya, saatnya Anda mencari tahu seperti apa desain pagar bambu modern yang cocok untuk rumah.

Inspirasi desain pagar bambu dengan tali

Terkesan kuno? Tidak juga. Menggunakan tali sebagai pengikat bilah-bilah bambu justru akan meningkatkan kesan tradisional. Sangat cocok untuk rumah bergaya etnik tradisional Jawa maupun rumah bergaya oriental Asia Timur. Pagar bambu akan mempercantik taman Zen ataupun taman tropis Anda.

inspirasi desain pagar bambu(Tali yang mengikat pagar bambu memberikan karakter tersendiri pada tampilan eksterior rumah. Sumber foto: desainrumahku.net)
inspirasi desain pagar bambu(Ikatan tali memberikan motif sekaligus warna pada pagar bambu rumah Anda. Sumber foto: diaryfane.com)

Inspirasi desain pagar bambu tinggi

Bambu sendiri merupakan tanaman yang bisa tumbuh tinggi. Menyusunnya berjajar secara vertikal akan menjadi pemanis eksterior yang cantik dan relatif mudah dilakukan. Tapi, terkadang bambu cukup sulit dibuat lurus karena tumbuhan ini melengkung seiring pertumbuhannya. Untuk itu, perlu direndam dulu agar bambu bisa lurus dan mudah dipasang sebagai pagar pelindung rumah.

desain pagar bambu(Pagar bambu disusun berjajar vertikal menjadi pemandangan eksterior yang cantik. Sumber foto: tophomedecor.com)
inspirasi pagar(Pagar dari bambu kuning kecil-kecil yang dirangkai dalam bingkai kayu, cocok untuk rumah minimalis bergaya etnik modern. Sumber foto: picapong.com)

Desain pagar bambu dengan kombinasi material

Agar rumah terlihat lebih kaya akan motif dan struktur, material bambu sebagai pagar bisa juga dikombinasikan dengan material lainnya, misalnya pagar dinding bata. Perpaduan antara gaya pagar beton yang kaku dengan pagar bambu yang natural dan kalem, menjadikan nuansa eksterior rumah Anda unik.

pagar bambu(Kombinasi material bambu dengan pagar dinding, menyatukan konsep modern dan alami. Sumber foto: homeanddecor.org)

Desain pagar bambu kombinasi vertikal-horisontal

Susunan bambu secara vertikal dan horisontal, ketika disatukan, akan terlihat sangat unik. Untuk memperkaya warna alami, gunakan finishing clear dengan varian warna yang Anda suka, misalnya warna bambu hitam seperti ini.

pagar bambu(Perpaduan gaya vertikal dan horisontal yang unik. Sumber foto: victory-eu.org)

Inspirasi pagar bambu anyaman

desain pagar(Anyaman bambu yang kerap diremehkan malah terlihat keren dengan dijadikan pagar rumah. Sumber foto: homedsgn.dynu.com)

Manakah inspirasi desain pagar bambu favorit Anda? Untuk mengetahui mana model pagar bambu yang paling cocok dengan rumah, segera konsultasikan dengan pakar home-improvement dari Rooang.com.

3 COMMENTS