Reading Time: 4 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
decoist-3

Rooang.com | Gaya ala shabby chic sedang banyak digandrungi, terutama oleh kaum hawa yang feminin. Shabby chic merupakan bentuk revival gaya vintage yang didominasi warna-warna pastel nan lembut dan tekstur serta motif feminin. Kalau gaya industrial merupakan vintage revivalĀ  yang identik dengan kesan maskulin khas pria, shabby chic merupakan vintage yang feminin khas perempuan. Ciri khas karakter usang yang cantik dengan tekstur lembut membuat para perempuan jatuh cinta. Untuk menerapkan nuansa shabby ini, bagaimana kalau diawali dari kamar tidur? Sebagai zona paling nyaman di rumah, bukankah kamar tidur harus didekorasi semaksimal mungkin sesuai keinginan kita? Kamar tidur shabby chic akan membantu istirahat dan tidur Anda lebih nyaman.

interior shabby chic(Untuk memiliki kamar tidur bergaya shabby chic, Anda tidak bisa sekedar memasukkan perabot kamar yang biasa. Sumber foto: homedit.com)

Mendekorasi kamar tidur ala shabby chic harus secara menyeluruh, mulai dari pemilihan warna, furnitur, motif korden dan bedcover, sampai aksesori kamar. Ikuti petunjuk berikut ini.

Pemilihan warna untuk kamar tidur shabby chic

Warna untuk nuansa shabby tidak melulu harus putih. Dinding kamar tidur bisa dicat dengan warna selain putih, misalnya krem, dusty pink, pale blue, atau dinding bata ekspos yang menonjolkan warna terakota yang hangat. Semua warna ini cocok untuk gaya shabby chic di kamar tidur, apapun warna furnitur Anda, karena tetap terkesan netral untuk kamar yang feminin. Meski demikian, harus tetap ada warna putih di sebagian unsur kamar, misalnya bedding, furnitur, atau korden. Warna putih minimal ada pada 40% perabot di kamar Anda. Terlalu banyak warna-warni membuat nuansa shabby chic berkurang. Mestinya, warna dinding ditentukan paling akhir untuk disesuaikan dengan perabot yang ada.

kamar tidur shabby chic(Warna dinding tidak harus selalu putih, tapi tetap harus ada warna putih di dalam kamar tidur bergaya shabby chic. Sumber foto: housetohome.co.uk)

Pemilihan furnitur di kamar tidur shabby chic

Furnitur terbagi atas 2 jenis berdasarkan materialnya, yaitu furnitur berbahan metal dan furnitur berbahan kayu. Semua furnitur ini bergaya klasik dengan dicat warna solid, atau cat clear gloss yang menonjolkan warna alami kayu. Furnitur bisa dicat secara mulus, atau pengecatan furnitur shabby chic yang menyisakan goresan-goresan usang yang khas. Pilih warna-warna pastel. Boleh memilih warna yang lebih bold dan vibran, tetapi jangan terlalu banyak.

kamar tidur shabby chic(Pemilihan furnitur untuk kamar bergaya shabby chic sebaiknya dari bahan kayu bercat solid atau metal. Sumber foto: cedarhillfarmhouse.com)

Motif untuk kamar tidur shabby chic

Untuk korden, motif apapun boleh, asalkan tidak warna-warni. Sedangkan untuk bedding, motif bunga-bunga kecil dengan tambahan renda dan sarung bantal rajut akan menambah nuansa feminin yang hangat di dalam kamar. Kurangi motif pada furnitur, karena akan menciptakan nuansa kamar bohemian, bukannya shabby chic. Motif juga diaplikasikan jika Anda memilih menggunakan wallpaper. Pilih motif wallpaper yang tidak banyak warna.

kamar shabby chic(Pemilihan motif untuk wallpaper dan bedding harus memiliki warna senada agar setiap elemen kamar terlihat serasi. Sumber foto: bedroomfurniture.co.uk)

Nuansa shabby chic untuk kamar tidur yang sempit

Sering kali kita melihat contoh kamar tidur shabby chic dengan ukuran yang luas, furnitur yang besar dan tebal. Ini tentu tidak cocok untuk kamar tidur yang sempit. Di kamar tidur yang sempit, gaya shabby chic tetap bisa diterapkan pada setiap perabot, termasuk pemilihan ranjang, lemari pakaian, nakas, korden, lampu, dan sebagainya. Hanya saja, pilih yang tidak terlalu besar. Hilangkan juga perabot yang tidak perlu seperti ottoman dan kursi tambahan yang tidak dibutuhkan.

kamar tidur shabby chic(Lemari pakaian yang seluruhnya dilapisi cermin agar kamar tidur terlihat lebih luas. Sumber foto: decoist.com)

Kamar tidur shabby chic minimalis

Anda mungkin termasuk orang yang kurang suka style kamar terlalu tematik. Kesannya jadi serba ramai dan heboh. Tetap harus ada nuansa minimalis di dalam kamar. Untuk menciptakan kamar shabby chic minimalis, yang harus dilakukan adalah memilih 50% furnitur bergaya minimalis, misalnya pada ranjang atau lemari pakaian dan kursi. Pilih dinding polos, bukan dinding wallpaper.

kamar tidur minimalis(Kamar bergaya shabby chic yang ditata dengan style minimalis modern tanpa banyak pernak-pernik interior. Sumber foto: digsdigs.com)

Untuk memiliki rumah dengan style shabby chic ini, sebaiknya Anda hubungi dekorator interior profesional yang terpercaya dari Rooang.com.

4 COMMENTS