Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
aliexpress-2-1

Rooang.com | Rumah-rumah di Indonesia wajib hukumnya memiliki korden. Benda yang satu ini bukan sekadar pemanis, tetapi memiliki fungsi utama untuk melindungi penghuni rumah dari sengatan dan cahaya matahari yang berlebih. Korden juga berfungsi untuk menjaga privasi orang-orang yang ada di rumah. Tapi lebih dari fungsi utama itu, sudah seharusnya korden didekorasi dengan benar. Berikut ini tips dekorasi korden yang wajib Anda ketahui.

tips dekorasi korden(Selain furnitur dan aksesori rumah, window fashion juga harus diperhatikan untuk membuat rumah Anda lebih indah. Sumber foto: aliexpress.com)

Tips dekorasi korden #1 ukur dengan tepat

Kalau ada korden yang tampilannya tidak menarik, ialah korden yang ukurannya tidak pas. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli korden adalah mengukur jendela dan kusen jendela dengan tepat, lalu di sebelah mana Anda ingin menggantungnya, pada ketinggian berapa, dan berapa senti samping kanan-kiri jendela tersebut. korden adalah produk yang dibuat berdasarkan pesanan. Kalau ukurannya tidak pas, Anda tidak bisa menukarnya.

tips dekorasi korden(Pengukuran korden harus tepat agar tampilannya bagus. Sumber foto: carpet-curtainwise.co.uk)

Tips korden #2 Menggantung korden yang panjang

Mungkin jendela di rumah Anda tidak mepet hampir ke langit-langit, tapi menggantungnya tepat di kusen akan membuatnya terlihat kurang menarik. Karena itu, disarankan untuk menggantungnya agak tinggi. Korden yang tinggi akan terlihat lebih elegan dan mewah.

tips dekorasi korden(Korden yang panjang terlihat lebih elegan dan mewah dibandingkan korden yang hanya seukuran kusen jendela. Sumber foto: innovativemyplace.com)

Tips korden #3 Membeli korden secara custom

Jangan sampai Anda tergiur dengan iming-iming diskon korden yang sudah jadi. Bisa-bisa malah salah ukuran dan terlalu pendek. Korden yang cingkrang akan terlihat aneh, kecuali Anda menggantungnya di jendela dapur.

tips membeli korden(Agar ukurannya bisa pas, belilah korden secara custom. Sumber foto: peterdecor.com)

Tips dekorasi korden #4 Beli korden yang ‘berisi’

Ibarat tubuh perempuan, yang berisi akan lebih sedap dipandang daripada yang tipis. Saran penting untuk Anda adalah, buat lebar korden 2 kali ukuran jendela. Misalnya ukuran jendela Anda 2 meter, maka Anda harus memesan korden dengan lebar 4 meter. Ini untuk menciptakan kesan penuh dan berisi, sehingga saat korden ditutup, lekukan-lekukan korden akan tampak indah.

tips dekorasi korden(Ukuran korden harus 2 kali ukuran lebarnya, agar saat ditutup tetap ada lipatan. Sumber foto: aliexpress.com)

Tips dekorasi korden #5 Pilih yang mudah dirawat

Saat ini, ada banyak sekali jenis korden yang dijual. Ada roller blind, korden kain, vitrage, dan lain-lain. Bahan-bahan korden itu pun beragam. Tapi, hampir semuanya sulit dibersihkan dengan dicuci secara biasa. Malah banyak juga yang sangat sensitif pada udara lembab dan mudah menjamur. Padahal, harganya sangat mahal. Karena itu, pilihlah korden kain biasa. Motifnya banyak, harga lebih terjangkau, dan juga mudah dibersihkan.

tips dekorasi korden(Pilih korden kain yang mudah dibersihkan dan harganya lebih terjangkau. Sumber foto: ur-style.net)

Tips korden #6 Perhatikan komponen mekanis

Korden bukan hanya terdiri atas lembaran kain. Ada komponen-komponen mekanis di dalamnya yang juga perlu diperhatikan. Komponen ini juga perlu dibersihkan secara rutin agar tidak mudah rusak.

tips membeli korden(Komponen korden juga harus diperhatikan agar tidak cepat rusak. Sumber foto: draperycurtainrods.ca)

Keenam poin di atas tidak boleh sampai diabaikan, karena jendela juga merupakan elemen rumah yang perlu diperhatikan. Untuk membuat rumah lebih indah, jangan ragu hubungi interior designer profesional dari Rooang.com, yang siap membantu Anda mewujudkan rumah impian.