Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
anyaman-rotan

Rooang.com| Furniture berbahan rotan masih memiliki banyak penggemar. Selain bentuknya yang makin kekinian, furniture berbahan rotan juga memiliki umur pemakaian yang relative panjang. Namun musuh terbesar furniture berbahan rotan adalah kotoran. Tidak hanya merusak keindahan furniture, kotoran juga secara langsung juga merusak fisik dari rotan itu sendiri jika terus dibiarkan. Bingung cara membersihkan? Butuh bantuan? Santai, ada Rooang yang siap memberi tips yang bisa sobat rooang aplikasikan.

Struktur rotan yang memiliki banyak celah dan rongga membuatnya memiliki banyak kesempatan untuk cepat kotor. Karena kotoran dan debu bisa mampir kapan saja di banyaknya ruang yang “disediakan” oleh furniture berbahan rotan.  Jadi yang perlu sobat rooang persiapkan sebelum mebersihkan furniture rotan adalah, Niat!  Sobat ruang tidak salah baca kok, memang dibutuhkan niat untuk membersihkan furniture berbahan rotan karena jelas akan membutuhkan effort lebih dari sobat rooang untuk membersihkannya.

Pastikan jenis rotan yang akan dibersihkan. Sumber : anneahira.com

Setelah itu pastikan jenis rotan yang menjadi bahan furniture sobat rooang, apakah rotan alami atau sintetis. Jelas perlakuan untuk kedua jenis rotan tersebut akan berbeda. Biasanya rotan sintetis lebih tahan lama dibandingkan rotan alalmi. Ditambah lagi jika furnitur tersebut diletakkan di luar ruangan atau outdoor. Jelas rotan alami akan lebih mudah kotor dan rusak.

Rotan di luar ruangan lebih banyak terpapar debu dan cuaca. Sumber: Pastikan jenis rotan yang akan dibersihkan. Sumber : anneahira.com
Rotan di luar ruangan lebih banyak terpapar debu dan cuaca. Sumber: Pastikan jenis rotan yang akan dibersihkan. Sumber : anneahira.com

Cara pertama membersihkan furniture berbahan rotan adalah membersihkan debu yang menempel. Sobat rooang bisa menggunakan kemoceng, kuas cat maupun mesin penyedot debu. Usahakan menggunakan kemoceng atau kuas cat yang berbulu halus. Untuk penggunaan mesin penyedot debu hindari menekan bagian anyaman terlalu keras agar tidak merusak jalinan anyaman. Hal tersebut harus diperhatikan lebih untuk jenis rotan alami

kursi-makan-dari-rotan-1
Periksa secara detail kotoran yang terselip di anyaman rotan. Sumber: anneahira.com

Setelah debu di daerah permukaan sudah berhasil diusir, bisa sobat rooang lanjutkan dengan membersihkan rongga atau celah anyaman rotan dengan menggunakan sikat gigi bekas. Rooang menyarankan untuk membasahi dulu sikat gigi yang ingin digunakan untuk membersihkan agar proses penyikatan tidak menggores bahan anyaman.

Jika debu dan kotoran yang menempel di celah rotan sudah berhasil dibersihkan, saatnya sobat rooang mengembalikan keindahannya. Gunakan lap yang sudah dibasahi air sabun untuk membersihkan permukaan jenis rotan alami. Untuk jenis rotan sintetis, sobat rooang bisa langsung menyemprot dengan air. Setelah itu gunakan lap kering untuk menghilangkan sisa air dan sabun.

lampu-rotan
Rotan akan lebih awet jika dibersihkan secara berkala. Sumber: anneahira.com

Step paling penting adalah pengeringan, karena benar tidaknya pengeringan bisa mempengaruhi seluruh proses mencuci furnitur berbahan rotan. Jika tidak benar benar kering, maka rotan akan rentan ditumbuhi jamur dan malah makin merusak rotan. Gunakan kipas angin atau hairdryer untuk jenis rotan alami dan gunakan sinar matahari untuk mengeringkan rotan sintetis.  Hindari penggunaan hairdryer untuk rotan sintetis karena dapat merusak permukaan rotan dan membuat bahannya meleleh jika terlalu panas.

Pastikan rotan benar benar kering untuk menghindari tumbuhnya jamur. Sumber: anneahira.com
Pastikan rotan benar benar kering untuk menghindari tumbuhnya jamur. Sumber: anneahira.com

Jadi sobat rooang tidak perlu takut lagi saat membersihkan furnitur berbahan rotan. Karena Rooang sudah memberi tips membersihkan yang baik dan benar. Jadi kalau masih adalah masalah dengan furniture langsung saja mampir disini, dijamin semua masalah sobat rooang bisa teratasi.