Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
54cfcf23be221_-_exterior-painting-tips-01-0512-synd

Rooang| Mengecat rumah seperti menjadi tradisi rutin sebelum menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Tapi karena tidak mau membengkakkan anggaran, sobat pasti ingin menyiasati dengan mengecat sendiri rumah sobat.
Berikut ini beberapa tips yang bisa sobat gunakan untuk mengurangi risiko gagal saat mengecat rumah.

Pilih warna yang sesuai dengan selera sobat. Sumber: easterlypainting.com
Pilih warna yang sesuai dengan selera sobat. Sumber: easterlypainting.com

Pertama, belilah cat yang berkualitas. Cat yang berkualitas biasanya memiliki standar ketat dan petunjuk yang jelas tentang cara penggunaannya.
Seringkali justru cat-cat seperti ini memiliki program khusus misalnya bekerjasama dengan majalah untuk mengeluarkan paduan warna yang memudahkan konsumen memilih warna sesuai keinginan.

Lebih Baik Mengecat dinding menggunakan roll. Sumber: easterlypainting.com
Lebih Baik Mengecat dinding menggunakan roll. Sumber: easterlypainting.com

Kedua, persiapan. Ini adalah faktor utama pengecatan yang sempurna. Kurangnya persiapan justru membuat Anda mengalami kerugian yang banyak.
Aplikasi warna pada dinding misalnya, bisa lebih presisi jika kita memiliki gambar desain atau skema warna yang sudah dipersiapkan.

Gunakan isolasi untuk alat bantu penutup. Sumber: easterlypainting.com
Gunakan isolasi untuk alat bantu penutup. Sumber: easterlypainting.com

Ketiga, singkirkan barang-barang yang tidak perlu, seperti paku atau bekas isolasi yang masih menempel pada dinding. Pengecatan juga bisa lebih sempurna jika dinding lebih rata. Untuk itu tutuplah lubang atau coakan dengan dempul atau dengan semen hingga kering sebelum melakukan pengecatan.
Jika ruangan memiliki dua warna yang beda, gunakan isolasi untuk alat bantu penutup pada batas warnanya. Isolasi membuat sambungan warna lebih rata dan terlihat cantik. Lepas isolasi setelah cat kering.

Bentuk pattern "W" saat menegcat untuk mempermudah sobat. Sumber: easterlypainting.com
Bentuk pattern “W” saat menegcat untuk mempermudah sobat. Sumber: easterlypainting.com

Keempat, cat dinding dengan menggunakan roll. Gunakan pola pengecatan dengan rol seperti huruf ”W’S”, atau ”M’S”. Selalu lakukan pengecatan dari sisi dinding yang telah kering untuk mencegah pola roller yang tersisa pada dinding.
Jika sobat mengikuti tips di atas, kemungkinan sobat untuk gagal saat mengecat rumah sangat kecil. Sobat juga bisa berkonsultasi dengan personal designer sebelum mengecat rumah sobat.