Reading Time: 5 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
le-stade-velodrome_79884_w460

EURO 2016 sudah selesai, dan diluter dugaan portugal membuktikan diri menjadi team erupt terbaik tahun ini. Kesuksesan penyelenggaraan EURO 2016 bukan hanya menyajikan keindahan strategi, dan permainan dari tim – tim terbaik di benua eropa, tetapi Euro 2016 juga diselenggarakan di stadion kelas dunia, yang teletak di sepuluh kota di prancis.

Design stadion – stadion tempat Euro 2016 diselenggarakan, bukan hanya megah, tapi juga mewah dengan fasilitas kelas dunia. ROOANG akan menyajikan beberapa diantaranya berikut ini.

SAINT-DENIS ( Stade de France, Paris (Saint Denis), France )

source : www.skyscrapercity.com
source : www.skyscrapercity.com

Stadion ini berkapasitas 80.000 kursi, dan sudah dioperasikan dari januari 1998. Dibangun menjelang Piala Dunia FIFA 1998, Stade de France telah menyelenggarakan event besar sepak bola, rugby, atletik, motorsport dan konser-konser mulai dari André Rieu hingga AC/DC. Venue ini memiliki tribun yang dapat bergerak, yang dapat ditarik untuk menampilkan bagian dari trek atletik, sementara atap elips dirancang untuk melindungi penonton. Stadion ini telah menggelar dua kali final Liga Champions, Real Madrid vs Valencia pada tahun 2000 dan FC Barcelona vs Arsenal FC enam tahun kemudian. begitupun untuk konser musik, band internacional U2 menjadikan Stade de France sebagai venue konser sebagai bagian dari 360° Tour pada tahun 2009 dan 2010, dengan rata-rata 283.084 pennon. Dini hari tadi Final EURO 2016 juga digelar di stade de france.

LYON ( Stade de Lyon )

source : http://web.de
source : http://web.de

Berkapasitas untuk 58.000 penonton, stadion ini tarletak di komune Decines-Charpieu, 10 km sebelah timur dari pusat kota Lyon, stadion ini menjadi bagian dari kompleks seluas lebih dari 50 hektar yang terdiri atas tempat latihan Olympique Lyonnais serta hotel dan gedung perkantoran. Sebagaimana di sampaikan walikota Lyon Gérard Collomb, saat presiden klub Jean-Michel Aulas meletakkan batu pondasi pertama pada November 2013, bahwa stadion bertaraf international ini adalah Mimpi akan menjadi kenyataan bagi seluruh rakyat Lyon. Pada EURO 2016 salah satu pertandingan Semi final juga di gelar di stadion Lyon.

MARSEILLE ( Stade Vélodrome atau Le Nouveau Stade Vélodrome )

source : www.desktopimages.org
source : www.desktopimages.org

Stade Vélodrome atau Le Nouveau Stade Vélodrome adalah salah satu stadion tertua dan kedua terbesar di Prancis yang menjadi venue Euro 2016. Stade Vélodrome merupakan ikon dan ciri khas kebanggaan masyarakat Marseille. Itulah sebabnya dewan kota dan pemerintah Marseille tidak pernah menerima tawaran dari pihak swasta yang ingin berinventasi dan mengganti nama stadion ini.

Pembanguna Stade Vélodrome dimulai pada tahun 1935 dan ditujukan untuk menjadi stadion penyelenggara Piala Dunia 1938. Stade Vélodrome sendiri dirancang oleh arsitek terkenal Henry Ploquin yang notabene adalah arsitek Stade Municipal Gingham. Stade Vélodrome sendiri baru resmi dibuka pada 13 Juni 1937 lewat pertandingan persahabatan antara Marseille dan klub Italia Torino. Selanjutnya Stade Vélodrome menjadi markas dari klub Olympique de Marseille.

source : www.easports.com
source : www.easports.com

Dengan  kapasitas 67.000 tempat duduk, stadion ini Terletak di selatan kota, di tepi utara Sungai Huveaune, Vélodrome secara rutin digunakan sebagai tempat konser sejak tahun 1980-an dan juga menjadi tempat bagi kegiatan politik. salah satu semifinal EURO 2016 juga digelar di sini.

LILLE ( Stade Pierre-Mauroy )

source : essma.eu
source : essma.eu

Stadion yang tarletak di pinggiran kota Villeneuve d’Ascq, 6 km arah tenggara dari pusat kota LilleStade Pierre-Mauroy, disebut juga Stade Pierre-Mauroy. Berkapasitas 50ribuan kursi, stadion ini memiliki tekonologi yang memungkinkan atap stadion dapat dibuka atau ditutup dalam 30 menit, sementara separuh lapangan dapat dinaikkan untuk digunakan dalam pertunjukan musik dan olahraga lainnya.

source : istimewa
source : istimewa

Pembangunan Stade Pierre Mauroy menelan biaya sebesar kurang lebih 300 juga Euro dengan menggunakan dana gabungan public dan swasta. Desain Stade Pierre Mauroy ditangani oleh perusahaan arsitektur Perancis, Eiffage. Selain atapnya yang bisa membuka dan menutup secara otomatis dalam 30 menit. Jadi, meski dalam cuaca apapun, acara dalam stadion tetap bisa berlangsung, keunggulan lain stadion ini adalah adanya built-in arena. Maksudnya, setengah lapangan sebelah utara didesain agar bisa terangkat dan bergeser menutupi setengah bagian sisanya di sebelah selatan.

BORDEAUX ( Stade de Bordeaux atau Nouveau Stade de Bordeaux atau Stade Matmut Atlantique )

source : www.archdaily.com
source : www.archdaily.com

Stade de Bordeaux atau Nouveau Stade de Bordeaux juga dikenal sebagai Stade Matmut Atlantique. Dengan kapasitas 42ribu, pembangunannya ditangani Firma Herzog & de Meuron, dibantu oleh Group 6, dipercaya untuk mendesain Stade de Bordeaux. Herzog & de Meuron sendiri sebelumnya juga mendesain stadion St. Jakob Park di Basel, Allianz Arena di Munich, dan stadion Olimpiade Beijing. Untuk desain landscape sendiri ditangani oleh Michel Desvigne, arsitek lulusan Harvard dengan karya-karyanya yang tersebar di Eropa dan Timur Tengah.

Menurut situs resmi Matmut Atlantique, desain stadion ini mengutamakan keringanan struktur yang membuatnya terkesan elegan. Selain itu, aspek keterbukaan juga melekat kuat di Stade de Bordeaux sebagai simbol menyatunya stadion dengan kota Bordeaux secara keseluruhan.

source : www.coca-cola.co.uk
source : www.coca-cola.co.uk

Dilengkapi dengan, antara lain, 2 layar raksasa yang masing-masing berukuran 70 meter persegi dan 350 layar kecil, 8500 tempat parkir, 19 outlet makanan, 125 tempat duduk untuk penyandang disabilitas, serta 1 koridor berukuran 800 meter, 3000 kursi kelas bisnis, dan 1000 kursi kelas VIP, Stade de Bordeaux layak menjadi salah satu stadion modern Eropa.

Arsitekturnya mengombinasikan tiga elemen integral: mangkok (tempat berlangsungnya pertandingan dan penampung penonton), lorong (elemen transisi antara lapangan dengan eksterior sekitar), dan terakhir penampilan stadion. Ketiganya bisa diinterpretasikan sebagai elemen yang membuat identitas stadion yang unik dan bersih.

masih ada 3 stadion international lag di EURO 2016, jangan lewatkan bagian ke dua sobat rooang.

 

1 COMMENT