Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Philippe_Stark_05_1

Rooang| Kita sudah memberi beberapa contoh bangunan ramah lingkungan di artikel sebelumnya. Ternyata daftar tersebut masih panjang dan Rooang akan coba perkenalkan beberapa bangunan ramah lingkungan yang bisa jadi inspirasi sobat untuk membangun sebuah properti.

Bangunan ini didirikan dari kumpulan barang bekas. Sumber: inhabitat.com
Bangunan ini didirikan dari kumpulan barang bekas. Sumber: inhabitat.com

Rumah Limbah, Inggris

Rumah ini dibuat dari limbah antara lain, 20.000 sikat gigi, 4.000 case dvd, 2.000 disket, dan 2.000 karpet bekas (source: gizmag.com) Rumah ini dibuat dari limbah antara lain, 20.000 sikat gigi, 4.000 case dvd, 2.000 disket, dan 2.000 karpet bekas.

Asia juga memiliki bangunan ramah lingkungan. Sumber: inhabitat.com
Asia juga memiliki bangunan ramah lingkungan. Sumber: inhabitat.com

Rumah Bambu, Vietnam

Rumah bambu ini Rumah bambu ini masuk ke dalam rumah berteknologi mutakhir sebab, dilihat dari teknologi untuk merekatkan setiap bambu yang menjadi bahan dasar pondasi bangunan. Luas rumah ini sebesar 44m2. Selain bambu, dibutuhkan material lain seperti papan fiber, daun kelapa. Harga pembuatan rumah hanya USD 2.500 atau setara dengan Rp32,9 juta.

Slip House banyak memanfaatkan cahaya matahari. Sumber: inhabitat.com
Slip House banyak memanfaatkan cahaya matahari. Sumber: inhabitat.com

Slip House, London-Inggris

Rumah yang memiliki nama Rumah yang memiliki nama “Slip House” ini berlokasi di London, Inggris. Hasil karya dari Carl Turner Architecture ini memiliki keunggulan yaitu ramah lingkungan. Dilengkapi dengan tank penampung air hujan, panel solar sebagai pengumpul energi matahari, ventilasi mekanik sehingga membutuhkan sedikit energi dan berkelanjutan. Sebab dapat menghemat 1,2 ton CO2 per tahun.

Selain rramah lingkungan, bangunan ini juga hemat energi. Sumber: inhabitat.com
Selain rramah lingkungan, bangunan ini juga hemat energi. Sumber: inhabitat.com

P.A.T.H House, Paris-Prancis

Rumah ini Rumah berteknologi tinggi karya Philippe Stark dan Konstruksi Riko ini memiliki mengusung tema P.A.T.H (Prefabricated Accessible Technological Homes). Kelebihan dari rumah ini adalah menggunakan energi matahari sebagai pengganti matahari yang menggunakan pelat solar. Selain itu, kombinasi kaca dan kayu dapat membantu sirkulasi udara yang baik. Ditambah taman pada atap rumah yang dapat membantu menghasilkan oksigen juga menambah hijau dan asri rumah.

Sobat juga bisa ikut menjaga kelestarian alam dengan mendirikan bangunan yang ramah lingkungan. Selain bermanfaat untuk diri sobat sendiri, juga pastinya berdampak positif untuk lingkungan sekitan sobat. Tertarik untuk mengaplikasikannya? Langsung saja hubungi personal designer sobat disini