Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
www.notonthehighstreet.com_
sumber : www.notonthehighstreet.com

Tanaman hias sedang menjadi idola akhir – akhir ini. Bukan hanya karena bisa hidup di dalam ruangan, tetapi beberapa jenis tanaman yang memang bisa hidup di dalam ruangan juga memiliki beberapa kebihan, yang mungkin selama ini sobat rooang belum pernah ketahui sebelumnya.

Beberapa tanaman hias, ternyata memiliki fungsi membersihkan udara. Jika selama ini sobat rooang mengira fungsinya hanya sebagai penghias ruangan, ada beberapa diantaranya bahkan bisa menyerap polutan dan gas beracun yang bisa saja masuk ke ruangan.

Sebuah Penelitian Ilmiah National Aeronautics And Space Administration atau ( NASA ) dan Associated Landscape Contractors of America ( ALCA ) terhadap beberapa jenis tanaman hias.

Hasilnya menunjukkan beberapa jenis tanaman hias ternyata mampu menyerap polutan dan gas gas berbahaya bagi kita seperti benzene atau  xylene bahkan formaldehida, juga xilena, dan nitrogen oksida. Belum lagi beberapa unsur kimia lain yang hadir di udara dalam ruangan tersebut bisa dinetralisir menjadi bersih dan sehat bagi penghuninya.

Dan inilah 3 jenis  tanaman hias yang  termasuk  memenuhi kriteria menjadi pembersih udara dalam ruangan diantaranya:

Lidah Buaya atau Aloe Vera

taken from : www.davidwolfe.com, Photo by Andreas Issleib
sumber : www.davidwolfe.com – Photo by Andreas Issleib

Tanaman bunga ini sebetulnya banyak berfungsi sebagai tanaman obat,diantanya sebagi penyubur rambut,penyembuh luka. Bahkan kini dikembangkaan sebagai alat kosmetik.

Namun selain predikat ini tanaman aloe vera ini setelah diuji hasilnya menunjukkan ternyata tanaman ini mampu menyerap polutan, Disimpulkan lidah buaya mampu menetralisir racun benzena, formalin,dan gas berbahaya lainnya.

sumber : www.comfort-shopping.cz
sumber : www.comfort-shopping.cz

Spyder Plant atau Chiorophytum Commosum

Sebenarnya tanaman ini  asalnya dari afrika namun kini  sudah  tersebar di seluruh dunia.

Ciri tanaman ini mempunyai tinggi mencapai 60 cm, sebagai tanaman hias, jenis tanaman ini dapat di tanam dalam pot jika di letakkan di dalam ruangan tanaman ini bisa berfungsi sebagai sebagai pembersih udara dalam ruangan. Disamping itu mampu menyerap bahan kimia misalnya dari jenis Benzene lalu Foormaldehida dan jenis Karbon Monoksida yang biasaya berasal dari zat kimia pada industri kulit, karet dan percetakan.

sumber : www.gardengenetics.com
sumber : www.gardengenetics.com

Disarankan untuk ruangan usaha percetakan sebaiknya menggunakan tanaman ini untuk penghias ruangan sekaligus pelindung bahaya dari zat kimia  dari bahan yang dipakai di industri percetakan.

sumber : www.furnituredekho.com
sumber : www.furnituredekho.com

Lidah Mertua atau Saveria Triva Asciata

Jenis tanaman ini masih satu keluarha dengan lidah buaya, ciri fisiknya pun masih bisa terlihat jelas.

sumber : www.hgtv.com
sumber : www.hgtv.com

Secara fungsi tanaman lidah mertua atau snake plan merupakan tanaman penyerap racun.

Dengan bentuk penampilan khas dan mudah di kenali tanaman ini memiliki kehebatan untuk menyerap berbagai jenis racun di ruangan seluas 100 meter persegi meskipun hanya dengan 5 hélai daunnya saja.

sumber : www.flowercouncil.com
sumber : www.flowercouncil.com

Nah, apakah ruangan sobat sudah cukup hijau? simak tips lain dari rooang untuk beragam tips dan trip dari menata tanaman hijau, juga manfaatnya di website rooang.