Reading Time: 4 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
gallery-1470691953-couch-pillows
Sumber : http://www.housebeautiful.com/

Apa yang akan dilakukan oleh orang saat masuk ke dalam rumah? Duduk di sofa, istirahat di kamar atau malah langsung masuk ke dapur. Semua tergantung pilihan sobat rooang. Tapi tahukah sobat rooang, apa yang akan dilakukan oleh para desainer interior jika masuk pertama kali ke dalam sebuah rumah? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Pencahayaan

Menurut , seorang desainer interior yaitu Vern Yip, Sembilan dari sepuluh orang yang masuk ke sebuah ruangan pasti akan melihat suasana pencahayaan di dalam ruangan tersebut untuk melihat apakah ruangan tersebut memiliki sistem pencahayaan yang tepat dengan bentuk dan luasan ruangannya atau tidak.

Sumber : http://atnjaya99.blogspot.co.id/
Sumber : http://atnjaya99.blogspot.co.id/

Letak sofa terhadap dinding

Sumber : http://mydecorative.com/
Sumber : http://mydecorative.com/

Minimnya dekorasi pada dinding dan pemilihan ukuran sofa yang salah dapat membuat sebuah ruangan menjadi ‘hambar’ meskipun sebenarnya sofa, warna cat dinding dan elemen di sekitarnya tidak salah juga untuk diletakkan di area tersebut.

Menurut, Sarah Vaile dari Sarah Whit Interior Design, dia sering kali frustasi dengan penataan sofa yang diletakkan menempel pada dinding di sebuah ruangan yang besar. Hal tersebut tidak berarti si pemilik rumah mempunyai selera desain yang jelek, hanya saja dia tidak tahu bagaimana untuk memanfaatkan luas dan bentuk luasan ruangan di setiap rumahnya dengan tepat. Apakah sobat rooang, juga berperilaku seperti tersebut di atas?

Jumlah bantal yang ada di sofa

Dalam berbagai kasus, ada beberapa desainer interior yang selalu mengatakan bahwa sebenarnya adalah yang hal menyedihkan jika dalam sebuah rumah di atas sofanya hanya ada satu atau dua bantal. Karena tentu rumah sobat rooang akan menjadi lebih enak dan cozy jika jumlah bantal atau cushion lebih dari dua buah.

Sumber : http://www.housebeautiful.com/
Sumber : http://www.housebeautiful.com/

Tata letak ruang

Ketika desainer interior Scot Meacham Wood mengunjungi rumah kliennya pertama kali. Beliau selalu berpikir apa yang tidak berfungsi di ruangan ini? (berbicara soal tata letak benda dengan fungsi ruangannya) Mengapa, demikian? Karena jika memang ruangan tersebut butuh untuk didekor ulang, si desainer interior bisa menawarkan solusi penyelesaian masalah yang tepat. Seperti contohnya, peletakan pintu yang salah atau penempatan lampu yang tidak benar.

Sumber : https://id.pinterest.com/
Sumber : https://id.pinterest.com/

Bagaimana peletakan rak buku

Jika pemilik rumah hobi mengoleksi buku. Maka kehadiran rak penyimpan tentulah menjadi hal yang sangat penting. Menurut pendapat  Frank Bostelmann. “buku-buku yang hanya disusun secara bertumpuk di sisi kiri-kanan sebuah ruangan menunjukkan bahwa buku tersebut hanyalah sebagai elemen dekoratif saja”. Maka ada baiknya jika buku-buku tersebut diletakkan pada sebuah rak penyimpanan yang ukurannya disesuaikan dengan jumlah buku yang dikoleksi oleh sobat rooang, dimaksudkan buku agar terlihat rapi dan juga dekoratif.

Sumber : http://www.tenpennydreams.com/
Sumber : http://www.tenpennydreams.com/

Siapa saja yang tinggal di rumah

Seorang desainer interior yaitu Amy Berry mengatakan bahwa, “sebuah desain itu merupakan hal yang sangat personal”.  Dan setiap desainer interior pasti berusaha untuk mewujudkan apa yang menjadi keinginan sang pemilik rumah. Lalu apa yang menjadi pertimbangannya sobat rooang? Tentu saja, Amy akan mendata jumlah orang yang tinggal di rumah tersebut, mendata apa saja hobi dan keinginan klien dimulai dari ayah, ibu, dan anak-anak. Dengan mengetahui apa yang menjadi wish-list mereka maka desainer interior akan lebih mudah untuk menata interior rumah.

Sumber : http://www.freepik.com/
Sumber : http://www.freepik.com/

Bau yang tercium jika masuk ke dalam rumah

Terkadang wewangian menjadi ciri khas atau penanda rumah orang yang satu dengan yang lainnya. Dan lilin aromatheraphy biasanya dipilih oleh banyak sobat rooang untuk menjadi pengharum untuk rumah. Namun, perhatikan juga sobat rooang, penempatan lilin dan jumlah lilin harus diperhatikan karena jika kita terlalu berlebihan meletakkannya di rumah maka itu akan menimbulkan pertanyaan di benak para tamu yang berkunjung ke rumah kita. Hal ini juga diungkapkan oleh seorang desainer interior bernama Barfield. Dia mengungkapkan bahwa “ tidak ada yang lebih buruk lagi daripada rumah dengan wewangian yang terlalu mencolok, seperti ada bau bangkai yang berusaha ditutupi saja”.

Sumber : http://www.housebeautiful.com/
Sumber : http://www.housebeautiful.com/

Apakah tirainya menyentuh hingga ke lantai.

Memang tampaknya panjang tirai di rumah merupakan hal yang sepele, sobat. Namun menurut desainer interior bernama Berry, “saya selalu menghindari hal-hal yang terlalu berlebihan seperti tersebut”. Sehingga alangkah baiknya jika kita sobat rooang, mulai membiasakan diri untuk mengukur dan memperhitungkan dengan baik panjang tirai di rumah kita agar tidak kepanjangan atau terlalu pendek. Harus yang pas, sobat!

Sumber : https://id.pinterest.com/
Sumber : https://id.pinterest.com/

Bagaimana pemilihan furnitur

Furnitur adalah elemen penting untuk sebuah interior rumah. Dan menurut Scot Meacham Wood, “seharusnya dalam memilih furnitur harus dipikir dengan matang, karena keberadaan furnitur juga dapat menjadi singnage untuk sebuah rumah tinggal”.

Sumber : http://www.housebeautiful.com/
Sumber : http://www.housebeautiful.com/

Jadi hati-hati ya, sobat jika ada teman atau kerabat sobat rooang yang merupakan seorang desainer interior tiba-tiba datang dan menganalisa rumah Anda!