Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
8f841043fc47aa6d26699f80f98d76ca
Sumber : http://www.bintanghome.com/

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, rooang akan memberikan artikel singkat mengenai dua arsitek muda keren yang bisa dijadikan inspirasi oleh para sobat rooang semua. Berikut penjelasannya!

Wiyoga Nurdiansyah

Wiyoga Nurdiansyah adalah arsitek muda kelahiran Bandung 12 Maret. Wiyoga memulai karir arsiteknya tentu pada saat memasuki bangku kuliah. Yoga-panggilan akrabnya lulus dari Universitas Parahyangan Bandung pada ±tahun 2003. Kemudian Yoga langsung bekerja di konsultan arsitek milik Andra Matin selama hampir ± 6 tahun.

Muhammad Sagitha

Muhammad Sagitha adalah arsitek kelahiran Bandung, 18 Desember 1980 yang merupakan teman satu angkatan Yoga di Universitas Parahyangan Bandung. Muhammad Sagitha, Agit-panggilan akrabnya kemudian mengawali karir arsiteknya di sebuah konsultan arsitek di Singapura bernama WOHA selama ± 3 tahun.

Muhammad Sagitha (background putih) dan Wiyoga Nurdiansyah (background hitam). Sumber : http://www.bintanghome.com/
Muhammad Sagitha (background putih) dan Wiyoga Nurdiansyah (background hitam). Sumber : http://www.bintanghome.com/

Awal terbentuknya SUB

Dalam masa bekerja di konsultan arsitek milik Andra Matin selama hampir ± 6 tahun tersebut,  Yoga ingat tentang janjinya dengan sahabat dekatnya di bangku kuliah yang bernama Agit untuk membangun studio arsitektur sendiri.  Alasannya Yoga ingin menjadikan Agit sebagai partner kerja sebenarnya sederhana  sobat rooang. Di dalam masa perkuliahan, mereka pun sering mengerjakan proyek secara bersama-sama dan selalu menemukan kecocokan satu sama lain. Selain chemistry mereka berdua cukup bagus, selera mereka dalam mendesain pun hampir sama.  Style desain mereka adalah modern-topis.

Pada akhirnya mereka berdua sepakat untuk membentuk studio arsitek yang diberi nama SUB. Nama SUB sendiri dipilih karena mereka berdua ingin nama yang simple dan mudah diingat untuk studio mereka.

Sumber : https://www.instagram.com/wiyoganurdiansyah/
Sumber : https://www.instagram.com/wiyoganurdiansyah/

Projek-projek dari SUB

SUB sendiri berfokus untuk menangani proyek-proyek residensial (rumah tinggal) baik skala kecil atau pun besar. Selain menangani proyek residensial, SUB juga menangani proyek townhouse, villa dan bekerja sama dengan para developer terkait untuk projek yang mereka kerjakan.

Gaya desain dari studio SUB adalah modern dan tropis. Yoga sendiri merupakan penggemar arsitektur dan interior yang clean, desain yang raw namun modern yang tetap berasimilasi dengan keadaan budaya lokal dan sosial di Indonesia. Modern dalam pengertiannya adalah merepresentasikan waktu saat ini. “Artinya menggunakan material serta detail desain yang sedang tren pada saat rumah itu dibangun serta jangan melupakan juga unsur tropis yang merupakan iklim di Indonesia. Karena sangat penting bagi arsitek untuk memperhatikan iklim dan cuaca dimana bangunan itu berdiri, untuk mengurangi permasalahan di kemudian hari. Jadi hampir semua projek yang dikerjakan menggunakan style modern-tropis.

D-Minution House karya SUB tahun 2006. Sumber : http://www.archdaily.com/
D-Minution House karya SUB tahun 2006. Sumber : http://www.archdaily.com/
Kamar tidur D-Minution House karya SUB tahun 2006. Sumber : http://www.archdaily.com/
Kamar tidur D-Minution House karya SUB tahun 2006. Sumber : http://www.archdaily.com/

Gaya clean, raw dan modern terlihat sekali dalam desain kamar tidur ini. Interior nya pun hanya finishing berupa dinding semen saja.

Grey House karya SUB tahun 2009. Sumber : http://www.archdaily.com/
Grey House karya SUB tahun 2009. Sumber : http://www.archdaily.com/

Style modern-tropis tampak sekali di projek ini, karena desainnya yang sederhana namun mempertimbangkan aspek lingkungan dengan banyak bukaan, dan ruang terbuka di dalamnya.

Juara pertama dalam sayembara “Strenkali Competition” tahun 2010. Sumber : https://4linkedarchitect.wordpress.com/
Juara pertama dalam sayembara “Strenkali Competition” tahun 2010.
Sumber : https://4linkedarchitect.wordpress.com/

Tidak hanya menangani proyek komersil saja, Yoga juga beberapa kali mengikuti sayembara arsitektur untuk menangani kasus-kasus yang terjadi di masyarakat. Seperti dalam sayembara tersebut di atas.

Keren, ganteng dan berprestasi sekali dua arsitek ini, sobat.  Mudah-mudahan lebih banyak lagi anak bangsa yang berprestasi seperti dua arsitek muda di atas, ya sobat! Semangat berkarya sobat rooang!