Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Colored_Soap_32

Sobat Rooang adakah yang menyukai semua bahan berbau organik? Apakah selama ini Sobat pernah berpikir untuk membuat sabun yang aroma dan bentuknya bisa sobat kreasikan sendiri? Sobat bisa membuat sabun sendiri dengan cara yang simpel dan memakai bahan yang mudah didapat tentunya. Supaya saat mandi Sobat dapat merasakan kesegaran dan kepuasan tersendiri, Sobat bisa mencoba membuat sabun ala Sobat yang akan Rooang jelaskan langkah-langkahnya.

Kalian perlu menyiapkan bahan-bahan ini:

  • Base soap atau sabun base (kalian bisa cari di toko online)
  • Pewarna makanan
  • Minyak esensial (tergantung selera, bisa kalian dapatkan di toko online)

Perlengkapan:

  • Gelas ukur kaca
  • Alkohol (masukkan ke botol spray)
  • Cetakan elastis/karet (pakai cetakan jeli)
  • Pisau (untuk memotong sabun)
Sumber: brit.co
Sumber: brit.co

Gimana Sobat Rooang? Alat dan bahannya apa sudah siap? Kalau sudah siap, yuk lanjut ke tutorial membuatnya!

Potong Base Soap

Siapkan base soap yang sudah kalian beli dari toko online, potong dadu. Masukkan potongan sabun ke dalam gelas ukur, dan panaskan di microvawe atau di atas kompor sampai mencair.

Sumber: brit.co
Sumber: brit.co

Minyak Esensial dan Pewarna

Setelah sabun mencair, ambil dua tempat karena kalian harus membagi sabun menjadi tiga bagian. Masukkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam setiap bagiannya. Untuk minyak esensial, kalian bisa memilih sesuai selera, bisa minyak Lavender, Rosemary, dan banyak lainnya. Pada salah satu tempat, masukkan pewarna makanan dengan warna sesuai selera.

Sumber: brit.co
Sumber: brit.co

Siapkan Cetakan

Setelah satu warna sabun jadi, masukkan sabun ke dalam cetakan jeli yang terlebih dahulu telah dimiringkan pada satu sisi. Semprotkan cair alkohol pada sabun agar mengurangi jumlah gelembung yang dapat mengurangi kecantikan sabun saat telah jadi nanti.

20150605_soap27684

20150605_soap27685

Ulangi Proses

Tunggu sekitar 20 menit sampai sabun warna ungu sedikit mengeras, lalu dengan dua sisa sabun berikan dua warna yang berbeda. Tunggu masing-masing 20 menit pada tiap warna.

colored_soap_06 colored_soap_08

Tunggu Hasil

Setelah kalian melakukan semua proses, diamkan sabun selama sehari semalam untuk mengeraskan tekstur sabun. Lebih dari sehari malah lebih bagus, karena tekstur sabun semakin mengeras.

colored_soap_26 colored_soap_29 colored_soap_32

Yuk membuat sabun ala sendiri yang bisa menambah kreatifitas Sobat dan tentunya Sobat akan puas saat memakai hasil karya sendiri. Nggak susah kan bikin sabunnya? Sabun cantik hasil karya sendiri akan lebih indah saat diletakkan di dalam kamar mandi pribadi Sobat.

1 COMMENT